SOFTBANK Tawar Sprint Nextel US$16,6 Miliar

John Andhi Oktaveri
Selasa, 11 Juni 2013 | 08:57 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--SoftBank Corp. meningkatkan nilai tawaran untuk membeli Sprint Nextel Corp hingga 7,5% guna menyaingi tawaran sebesar US$25,5 miliar dari Dish Network Corp untuk menguasai perusahaan wireless carrier terbesar ketiga di AS tersebut.

SoftBank akan membayar US$16,6 miliar kepada pemegang saham Sprint dan menginjeksi US$5 miliar dana segar ke perusahaan sasaran senilai 78% saham, menurut perusahaan carrier telepon bergerak tersebut dalam satu pernyataannya hari ini sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (11/6/2013). 

Pada Oktober tahun lalu perushaan itu mengajukan penawaran sebesar US$20,1 miliar untuk 70% saham.

Pendiri SoftBank, Masayoshi Son terpaksa menaikkan tawaran setelah ambisinya untuk berekspansi di AS terancam oleh Pimpinan  Dish, Charlie Ergen.

Perusahaan AS tersebut berupaya mengembangkan pasar  telepon nirkabel dan sangat mungkin menawarkan paket televisi, Internet, dan layanan bergerak.

“Menaikkan harga tawaran akan menambah beban bagi transaksi keuangan tersebut,” ujar Mitsushige Akino, chief fund manager Ichiyoshi Asset Management Co. di Tokyo, sebelum pengumuman tersebut. Menurutnya, jika tawaran SoftBank tidak tembus maka hal itu akan menggagalkan rencana perushaan itu untuk berekspansi di AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper