BRANCHLESS BANKING: BRTI Klaim Software Para Telco Sudah Diaudit

Miftahul Khoer
Kamis, 30 Mei 2013 | 10:27 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengakui perusahaan operator seluler yang ikut dalam program branchless banking sudah teruji.

Anggota Komite BRTI Ridwan Effendi mengatakan justru yang harus diwaspadai itu saat ini adalah aksi penipuan yang biasa terjadi.

"Ya, ketiga pemain telco itu sudah dijamin, dari sisi software sudah diaudit tinggal masalahnya kita mencegah penggunaan atau penipuan yang biasa terjadi seperti sms permintaan transfer rekening," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (29/5).

Ketiga perusahaan telekomunikasi tersebut antara lain yakni Telkomsel, XL, dan Indosat. Sementara kelima bank yang ikut antara lain Bank Mandiri, Bank BRI, CIMB Niaga, Bank Sinar Harapan Bali dan Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN).

Uji coba sendiri sudah dilakukan pada awal Mei di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Ridwan menambahkan pihaknya tengah merevisi aturan PM Nomor 23/2005 Tentang Registrasi Pra Bayar. Sebelumnya, setiap pelanggan operator diwajibkan registrasi untuk mengaktifkan kartu selulernya.

"Ke depan, pihak operatorlah yang memiliki wewenang penuh.  Ini baru taraf revisi. Sebentar lagi mau diuji publik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper