BRANCHLESS BANKING: Telkomsel Jamin Keamanan Transaksi

Miftahul Khoer
Kamis, 30 Mei 2013 | 09:55 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-- Operator seluler Telkomsel yang ikut dalam program branchless banking mengklaim seluruh sistem keamanan transaksi terjamin.

Rudyanto Herlambang, Head of Mobile Payment and Digital Money Division Telkomsel mengatakan sistem keamanan sudah jauh-jauh hari dipersiapkan.

"Server kita sudah pakai security semua. Selama masih ada sinyal, transaksi nggak akan ada masalah karena itu sudah di-set by call," katanya kepada Bisnis, Rabu (29/5/2013).

Dia memberikan contoh ketika pelanggan melakukan transaksi seperti di gunung, meski hanya ada sinyal satu, transaksi tetap akan berlangsung. Kalau pun gagal transaksi disebabkan putusnya sinyal, dan uang akan tetap save.

Dia membedakan antara sinyal yang biasa digunakan berinternet dan branchless banking. Menurutnya, tidak perlu pelanggan menunggu sinyal GPRS atau 3G dan sebagianya untuk bertransaksi karena sistem sudah disederhanakan sedemikian rupa.

Branchless banking ini sudah diuji cobakan di delapan provinsi sepanjang Mei-November tahun ini. Dia mengatakan selama ini tidak ada masalah apa pun yang terjadi.

Yang menjadi PR yakni baik pihak perbankan atau pun Telco harus duduk bersama terkait sosialiasi branchless banking ini kepada masyarakat khususnya di pedesaan atau pelosok.

"Kita sebetulnya harus edukasi dulu ke pasar karena di pedesaan tahunya handphone cuma alat komunikasi saja," ujarnya. (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper