Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TELKOM Siap Gelar Serta Optik Maluku Cable System 6.000 Km

BISNIS.COM, TERNATE--PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah siap menggelar infrastruktur serat optik Maluku Cable System sepanjang 5.444 km.
Wiwiek Endah
Wiwiek Endah - Bisnis.com 28 Mei 2013  |  05:03 WIB

BISNIS.COM, TERNATE--PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah siap menggelar infrastruktur serat optik Maluku Cable System sepanjang 5.444 km.

Maluku Cable System (MCS) merupakan bagian dari program pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS).

Sedangkan SMPCS merupakan kelanjutan dari pembangunan Mega Proyek Palapa Ring dan menjadi salah satu program Telkom dalam mewujudkan Indonesia Digital Network (IDN).

Sebelumnya pada 2011, Telkom berhasil menggelar Mataram Kupang Cable System, yang awal pembangunannya bahkan telah diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 30 November 2009 dari Istana Negara.

Direktur Utama Telkom Arief Yahya mengatakan pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut SMPCS mencakup penggelaran Kabel Laut sepanjang 5.444 km dan Kabel Darat sepanjang 655 km.

Secara Network Design menurutnya, SMPCS terdiri dari 3 jalur utama, yaitu Manado – Ambon – Fakfak – Timika, Manado – Sorong – Biak – Jayapura dan Ambon – Kendari, serta 13 cabang meliputi Jailolo, Ternate, Labuha, Sorong, Mangole, Sanana, Namlea, Masohi, Banda Neira, Bula, Manokwari, Sarmi dan Kaimana.

“Dengan mengoptimalkan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM), SMPCS mampu mendukung jaringan hingga kapasitas bandwidth 32x100 Gigabytes per fiber pair-nya,” kata Arief, Senin (27/5/2013).

Dia mengungkapkan untuk pembangunan SMPCS, perusahaan telekomunikasi pelat merah ini menggandeng dua perusahaan asing, yakni Alcatel Submarine Network (ASN) dari Perancis dan NEC Corporation dari Jepang.

SMPCS, katanya, merupakan bagian dari proyek jaringan infrastruktur Indonesia Digital Network (IDN) yang akan menghubungkan seluruh Nusantara mulai dari Banda Aceh hingga Papua.

“IDN merupakan salah satu inisiatif kami dalam mendukung program pemerintah Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Melalui IDN, Telkom siap membangun 15 juta homepass dan 1 juta wifi pada 2015 untuk mewujudkan salah satu pilar utama MP3EI yaitu konektivitas,” ujarnya.

Diharapkan, pembangunan infrastruktur SMPCS akan selesai pada awal 2015. Dengan selesainya pembangunan tersebut, maka pihaknya telah turut meningkatkan konektivitas dengan menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke melalui IDN.

Selanjutnya, Telkom akan mendukung hasil pembangunan fiber optic tersebut dengan program program besar lainnya, di antaranya IndiSchool, IndiPreneur, IndiFinance dan IndiHome agar masyarakat Indonesia semakin memperoleh kemudahan dalam berkomunikasi. (wde)

 

Sumber : Wiwiek Endah

Editor : Wiwiek Endah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top