Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tips Merawat Powerbank Handphone

BISNIS.COM, JAKARTA-Keberadaan powerbank sebagai baterai atau charger cadangan untuk produk gatget, sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga agar handphone tidak mati saat komunikasi berlangsung, hanya gara-gara baterai handphone habis.Namun untuk memilih
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 03 Mei 2013  |  11:31 WIB
Tips Merawat Powerbank Handphone
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-Keberadaan powerbank sebagai baterai atau charger cadangan untuk produk gatget, sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga agar handphone tidak mati saat komunikasi berlangsung, hanya gara-gara baterai handphone habis.

Namun untuk memilih powerbank yang berkualitas, memerlukan tips tersendiri. "Ketika membeli powerbank, pilihlan yang orisinil," kata Tjandra Wangsa, Direktur Marketing PT.Tunas Teleshop - perusahaan yang memasarkan produk powerbank i-Roc di Indonesia.

“Lihat finishing body-nya, apakah bagus atau tidak, juga perhatikan produksinya. Untuk tipe 5.800mAH, bentuknya kecil tapi berat, karena cell-nya murni,” tambahnya.

Setelah dibeli, paparnya, cek juga kapasitas murni dari cell powerbank. Untuk tipe 5.800mAH ketika di charger ke listrik membutuhkan waktu isi sampai penuh sekitar 8 jam. “Kalau baru dicolok ke listrik 2-3 jam sudah penuh, berarti itu produk tidak bagus dan perlu dicurigai".

Selanjutnya, isi powerbank sampai penuh, agar bisa tahan lama dan bisa mensuplai baterai bagi HP sampai beberapa kali charger. Jangan meletakkan produk di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan dekat sumber panas lainnya karena mudah terbakar. “Juga jangan diletakkan di tempat yang lembab, serta dijaga jangan sampai terkena air. Sebab, semua itu akan cepat merusak powebank dan bisa membuat baterainya drop".

Powerbank yang bagus, lanjutnya, usia baterainya bisa tahan sampai lebih dari 500 kali charger diisi penuh. “Bisa satu tahun lebih, kalau setiap hari diisi penuh pada malam hari,” ujarnya.

Lalu, katanya, upayakan setiap mengisi powerbank secara optimal. Tunggu hingga terisi penuh, lihat lampu indikatornya. “Ketika diisi pada malam hari, walau sudah penuh dan colokannya masih menempel di listrik, tidak apa-apa".

Dia mengemukakan walau powerbank dilengkapi dengan senter, sebaiknya tidak usah dipakai karena akan menyedot tenaga baterai dan cepat habis, kecuali dalam keadaan darurat.

Jaga powerbank dengan baik dan jangan sampai jatuh, karena dia rentan terhadap benturan keras. Bila terjatuh akan menurunkan daya tamping baterai. "Sebaiknya dibungkus dengan sarung khusus powerbank".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hp powerbank baterai
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top