MOBILE MESSAGING: KakaoTalk Bangun Basis Pengguna di Indonesia

Febrany D. A. Putri
Minggu, 21 April 2013 | 14:07 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--KakaoTalk, aplikasi mobile messaging asal Korea Selatan, fokus membangun basis pengguna di Indonesia sebelum melucurkan layanan lain seperti permainan, e-commerce, dan KakaoPage.

Hingga awal bulan ini, secara global pengguna KakaoTalk mencapai 86 juta dibandingkan dengan akhir tahun lalu sebanyak 70 juta.

Di Indonesia, pertumbuhan penggunanya dari Januari hingga Februari 2013 diklaim mencapai 288%. Sejak pertama kali resmi diluncurkan di Indonesia, aplikasi pengguna aplikasi ini tumbuh 3.000% dengan rata-rata pengguna terdaftar harian sebanyak 120.000.

Co-CEO Kakao Corp Sirgo Lee mengatakan jika basis pengguna lokal sudah memadai dan ekosistem yang dibangun melalui kerja sama dengan mitra lokal telah matang, peluncuran berbagai layanan baru dapat mudah diserap di Indonesia. Meski begitu, Lee enggan menyebutkan target pengguna di Indonesia sepanjang tahun ini.

"Kami sudah bekerja sama dengan 20 hingga 30 mitra di Indonesia, termasuk pengembang, operator telekomunikasi, produk, musisi, dan sebagainya. Ekosistem penting untuk membuat variasi konten digital. Kami akan terus mengembangkan ekosistem lokal untuk meningkatkan pengguna," ujar Lee akhir pekan lalu.

Untuk Indonesia yang unik, perusahaan menyiapkan beberapa strategi. Salah satunya adalah menggandeng operator telekomunikasi untuk pembelian stiker atau fitur KakaoTalk dengan potong pulsa, karena penetrasi kartu kredit masih rendah. Saat ini, potong pulsa hanya bisa dilakukan pelanggan XL. Selain itu, perusahaan juga akan menggenjot pemasaran fitur Plus Friend.

Plus Friend merupakan fitur berbasis konten yang memungkinkan pengguna mendapatkan kabar baru dari musisi, produk, artis yang telah bermitra dengan KakaoTalk. Dua perusahaan di antaranya yakni Pizza Hut Delivery Indonesia, Faceshop dan Groupon Indonesia. Lee memaparkan, fitur Plus Friend tak hanya menguntungkan bagi pengguna, tapi juga perusahaan karena dapat membantu riset pasar.

Untuk stiker lokal, terdapat lebih dari 18 set emotikon dan stiker selebritas dan karkter lokal yang tersedia, termasuk emotikon musisi K-Pop berbahasa Indonesia, Afgan, Sherina, Aming, Saykoji, dan Fitri Tropika. (Iif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper