Rekor! Transmisi 400 Gb/detik Tempuh Jarak 12.000 Km

Yusran Yunus
Kamis, 14 Maret 2013 | 02:18 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-Tim AT&T berhasil menemukan cara meningkatkan efisiensi spektral modulasi. Melalui metode tersebut pengiriman sinyal dapat mencapai 400 gigabit (Gb) per detik!

Metode pengiriman maha dahsyat itu dilakukan melalui jaringan optik 100 gigahertz-grid dengan jarak jauh. Efisiensi spektral adalah tingkat informasi yang dapat ditransmisikan melalui lebar pita tertentu untuk mengukur seberapa efisien spektrum frekuensi digunakan.

Hasil penelitian itu akan disampaikan pakar transmisi AT&T Labs-Research Xiang Zhou di ajang Optical Fiber Communication Conference and Exposition/National Fiber Optic Engineers Conference (OFC/NFOEC) 2013 yang akan digelar di Amerika Serikat pekan depan.

Menurut pengumuman yang disampaikan melalui website Optical Society, Selasa (12/3/2013) waktu setempat, tim peneliti berhasil mentransmisikan sinyal hingga sejauh 12.000 kilometer. Melampaui rekor sebelumnya yakni 9.000 km menggunakan 50 gigahertz-grid.

“Hasil ini telah mencetak rekor baru untuk efisiensi spektral dan jarak yang dapat ditempuh,” kata Zhou.

Dia mengklaim dibanding teknik modulasi sebelumnya teknik yang dikembangkan timnya lebih andal dalam mengatur efisiensi spektral modulasi agar sesuai dengan lebar pita yang tersedia sekaligus memaksimalkan jangkauan transmisi. Teknik ini juga diklaim dapat menjaga toleransi pada ketidaklinearan fiber dan gangguan fase laser. Kedua faktor tersebut selama ini dianggap menghambat performa sistem optik high-speed.

Penjelasan mengenai sistem tersebut akan dipaparkan Zhou melalui presentasi berjudul 12,000km Transmission of 100GHz Spaced, 8x495-Gb/s PDM Time-Domain Hybrid QPSK-8QAM Signals.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper