PENGEMBANGAN BROADBAND: Menkominfo Akan Bahas Dengan GSMA di Barcelona

Gloria Natalia Dolorosa
Rabu, 27 Februari 2013 | 17:47 WIB
Bagikan

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengangkat masalah optimalisasi penggunaan frekuensi radio untuk pengembangan broadband di Indonesia di hadapan petinggi GSM Associaton.

Pembicaraan itu mengemuka di dalam pertemuan bilateral antara Tifatul dengan Director General GSM Associaton (GSMA) Anne Bouverot di sela-sela Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol. Selain soal pengembangan broadband, topik lain yang dibahas yakni potensi aktual dari Indonesia yang masih bisa didalami lebih lanjut.

”Dalam pengantar pertemuan, Menkominfo mengatakan potensi pasar Indonesia luar biasa. Namun, menurut Menkominfo, pemerintah tetap mengoptimalisasikan potensi tersebut dalam koridor ketentuan dan prioritas yang ada,” tulis Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot Dewa Broto via pesan singkat kepada Bisnis, Rabu (27/2).

Dalam pertemuan itu terungkap sejumlah hasil riset aktual GSMA yg diadakan di Indonesia. Riset yang didukung dua operator di Indonesia tersebut menyatakan penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) di Indonesia sangat fantastis dibandingkan dengan sejumlah negara lain di kawasan ini dalam 3 tahun terakhir.

Sekitar 67% anak di Indonesia di beberapa kota besar menggunakan perangkat seluler. Lebih dari 60% dari total itu menggunakan Internet. Riset juga menyebut semakin banyak orang tua peduli akan TIK. Data lengkap riset itu akan diumumkan besok pagi, Kamis (28/2).

Menanggapi temuan riset aktual tersebut, Menkominfo mengemukakan bahwa telah banyak upaya sosialisasi Internet sehat dan aman. Upaya itu akan terus digalakkan bekerja sama dengan berbagai komponen masyarakat.

Menurut Gatot, usai pertemuan bilateral, Menkominfo dan sejumlah pejabat mengunjungi sejumlah hall ruang pameran MWC yang begitu luas. MWC merupakan suatu forum yang sangat prestisius untuk menakar kemajuan teknologi mobile terkini dari berbagai negara.

Kamis besok (28/2) Menkominfo akan menjadi salah satu panelis bersama dua panelis lain dalam suatu seminar internasional tentang broadband. (fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper