INFOMEDIA Incar Pendapatan Rp1,54 Triliun

Fajar Sidik
Rabu, 13 Februari 2013 | 22:04 WIB
Bagikan

JAKARTA - Infomedia mengincar pendapatan pada tahun ini mencapai Rp1,54 triliun atau naik 25% dari total pendapatan tahun lalu yakni Rp1,24 triliun.
 
Infomedia merupakan salah satu anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk dengan fokus bisnis jasa penyediaan contact center meliputi beberapa lini bisnis di antaranya customer relationship management (CRM), layanan sumber daya manusia, layanan operasi, advertising dan media.
 
Adapun porsi kontribusi pendapatan Infomedia yang berasal dari jasa contact center sebesar 65% dan jasa media sebesar 35%. Untuk bisnis contact center, pada 2012, Infomedia memiliki 16.000 agen di seluruh Indonesia
 
Presiden Direktur PT Infomedia Nusantara Eddy Kurnia menyebutkan pada 2012 Infomedia masih menjadi penguasa pangsa pasar penyedia jasa contact center terbesar di Indonesia dengan 45%. Eddy menargetkan pada tahun ini perusahaan mampu mencapai pangsa pasar 50%.
 
Sementara itu, untuk lini bisnis media, Eddy memaparkan, persentase kontribusi pendapatan Infomedia dari klien media digital terus meningkat. Pada 2012, porsi klien media cetak dan digital masing-masing 70% dan 30%, sementara pada tahun ini perusahaan memproyeksi porsi kontribusi keduanya seimbang.
 
"Salah satu strategi kami untuk meningkatkan pangsa pasar adalah dengan menambah klien perusahaan dari sebanyak 90 klien pada tahun lalu, menjadi sekitar 100 klien pada tahun ini untuk contact center. Pada awal 2013, kami sudah menambah dua klien, yakni Polri dan Tokio Marine," kata Eddy seusai acara Sosialisasi Nomor Pusat Layanan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) 110, Rabu (13/2).
 
Eddy menyebutkan, saat ini bisnis contact center tidak lagi hanya melayani suara atau call center, tetapi juga melayani konsumen dari berbagai bentuk lainnya seperti pesan singkat, email, video, hingga media sosial.

Adapun pergeseran tersebut memungkinkan contact center melakukan analisis data konsumen (data analytics). Melalui analisis data, kata Eddy, infomedia mampu menyediakan informasi profil calon pelanggan, pengelolaan survei, dan riset pemasaran. (fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Febriany D.A. Putri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper