Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI IT: Pebisnis muda sulit akses kredit perbankan

JAKARTA: Pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang teknologi informasi dan industri kreatif dinilai sulit mendapatkan permodalan dari bank.Alexander Tio, Presiden Junior Chamber Internetional (JCI) Indonesia mengatakan persyaratan pinjaman tanpa
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  16:08 WIB

JAKARTA: Pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang teknologi informasi dan industri kreatif dinilai sulit mendapatkan permodalan dari bank.

Alexander Tio, Presiden Junior Chamber Internetional (JCI) Indonesia mengatakan persyaratan pinjaman tanpa anggunan yang dimiliki oleh bank-bank nasional saat ini menyulitkan pengusaha muda yang ingin mengembangkan bisnis model yang baru.

"Di bisnis IT misalnya, kita tidak perlu aset tanah atau bangunan untuk modal tetapi bank masih mensyaratkan itu. Masalah permodalan memang menjadi isu penting bagi pengusaha muda," jelasnya, Rabu (23/1), usai menemui Menteri Perindustrian MS. Hidayat di Jakarta.

Menurut Alexander, modal untuk start-up business yang diperlukan bervariasi dari Rp200 juta hingga Rp1 miliar. Karena kesulitan mendapat pinjaman bank, pengusaha muda biasanya lari ke angel investor seperti orang tua atau teman.

Sayangnya, permodalan macam ini dinilai tida mendidik pengusaha untuk menjalankan bisnis dengan baik karena modal tersebut tidak diiringi dengan mekanisme pengembalian modal secara tegas.

Alexander berharap pemerintah, termasuk Kementerian Perindustrian bisa ikut mendorong lembaga permodalan untuk membuka mekanisme pinjaman yang lebih terbuka terhadap modal bisnis baru. (arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Christine Franciska

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top