KALEIDOSKOP 2012: TEKNOLOGI INFORMASI, Ini catatan penting sepanjang tahun

News Editor | 31 Desember 2012 13:59 WIB
JAKARTA; Pengguna Twitter, media sosial yang digandrungi di Indonesia, pasti tak asing dengan kata linimasa. 
 
Istilah ini merujuk ke rangkaian tweet yang ditampilkan secara terurut berdasarkan waktu. 
 
Sepanjang 2012 sejumlah peristiwa terjadi di jagat teknologi informasi, baik dari dalam maupun luar negeri. Bisnis meminjam kata linimasa untuk menyajikan aneka kejadian.
 
Perkembangan teknologi yang begitu cepat, termasuk kehadiran beragam perangkat digital anyar, menunjukkan betapa sektor teknologi informasi sangat dinamis.
 
Dia bergerak berdasarkan deret ukur, bukan deret hitung. Kalau dunia teknologi informasi adalah satu akun di Twitter, rentetan peristiwa ini adalah linimasanya. Selamat menikmati.
 
Januari
 
Setelah kasus sedot pulsa mencuat pada Oktober 2011 pendapatan penyedia konten tergerus hingga 90%.XL mengalihkan sekitar 1.200 karyawan ke PT Huawei Tech Investment, setelah XL menunjuk Huawei sebagai mitra pengelola jaringan telekomunikasi.
 
Kodak, nama besar di bisnis fotografi, mengajukan pailit setelah kehilangan 88% pangsa pasar global sepanjang tahun lalu.
 
Kontroversi usulan Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA) di Amerika Serikat terus meruncing. Tidak hanya itu, gelombang protes juga terjadi di dunia.
 
Februari
 
Google meluncurkan program Bisnis Lokal Go Online di Indonesia, yang menawarkan bantuan bagi usaha kecil dan menengah untuk membuat situs, domain, dan hosting.
 
Operator telekomunikasi gencar menawarkan transaksi pembayaran via perangkat genggam (mobile payment). Perusahaan riset Frost & Sullivan memprediksi pendapatan dari mobile payment tumbuh hingga 40%.
 
Komisi I DPR mendesak Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia untuk melanjutkan kebijakan penghentian penawaran konten melalui SMS broadcast.
 
Tender lembaga penyelenggara penyiaran multipleksing di lima zona, termasuk Jakarta, Banten, dan
Kepulauan Riau dimulai.
 
Maret
 
Komisi I DPR meminta pemerintah menunda pelaksanaan migrasi siaran televisi digital. Siaran televisi digital baru dapat dilaksanakan setelah revisi UU Penyiaran rampung.
 
Google membuka kantor di Indonesia. Kehadiran raja mesin pencari ini disambut oleh desakan pendirian data center Google di Indonesia.
 
Pemerintah terus memperbaiki regulasi mengenai kualitas layanan telekomunikasi, termasuk revisi
Peraturan Menteri Kominfo No 10/2008 tentang standar kualitas sambungan langsung jarak jauh dan Peraturan Menteri Kominfo No 11/2008 tentang Sambungan Lokal.
 
Sony, pascaperceraian dengan Ericsson, merilis ponsel dengan layar sentuh melayang Xperia Sola.
 
April
 
Pemerintah berjanji merevisi peraturan menteri tentang layanan pesan premium yang akan berpihak
kepada konsumen. Peraturan Menteri No. 1/2009 tentang Penyelenggaraan Jasa Pesan Premium dan Pengiriman Jasa Pesan Singkat ke Banyak Tujuan direvisi setelah kasus pencurian pulsa merebak.
 
Telkom dan eBay, situs jual beli terbesar di dunia, membentuk PT MetraPlasa untuk mendongrak bisnis e-commerce melalui situs Plasa.com. 
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar uji publik aturan tentang koordinasi penggunaan pita 2,3 GHz untuk layanan akses Internet nirkabel pita lebar.
 
Mei
 
Penyedia layanan e-commerce membentuk Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Indonesian E-Commerce Association (idEA) untuk mendorong pertumbuhan belanja online.
 
Pemerintah didesak memperketat peraturan penggunaan perangkat lunak legal untuk mengatasi maraknya pembajakan. Business Software Alliance (BSA) melaporkan nilai pembajakan mencapai US$1,47 miliar.
 
Juni
 
Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) mengubah sistem pengelolaan nama domain .id, menjadi single shared registry. Fungsi penjual nama domain akan dijalankan oleh perusahaan terpilih.
 
Stasiun televisi pendaftar seleksi lembaga penyelenggara multipleksing televisi digital mengembalikan dokumen seleksi.
 
Potensi bisnis permainan online di Indonesia diprediksi melesat hingga US$60 juta, atau meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.
 
Juli
 
Media sosial ikut meramaikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta. Politicawave memantau percakapan di Twitter, Facebook, blog, forum, dan YouTube.
 
Indonesia dan Taiwan jajaki kerja sama teknologi informasi dan komunikasi, yang dibuka melalui pertemuan antara 12 perusahaan asal Taiwan dan berbagai asosiasi di Indonesia.
 
Pemerintah mengumumkan pemenang seleksi televisi digital pada akhir Juli. Stasiun televisi nasional mendominasi daftar pemenang.
 
Agustus
 
Satelit Telkom-3 gagal gagal mengorbit karena roket pendorong Breeze-M tidak berhasil membawanya ke posisi yang telah ditentukan. Telkom menggelontorkan investasi hingga US$200 juta untuk meluncurkan satelit ini.
 
Lelang 3G terus tertunda. Pemerintah pernah menargetkan lelang akan digelar pada akhir Juli, kemudian bergeser menjadi awal Agustus, dan lagi-lagi meleset dari target. Pembahasan sejumlah hal, termasuk interferensi, diklaim menjadi alasan penundaan.
 
Dana kewajiban pelayanan USO (universal service obligation) akan digunakan untuk membangun jaringan Internet berkecepatan tinggi atau broadband.
 
Pasar teknologi komputasi awan di Asia Tenggara diyakini meningkat signifikan tahun ini akibat lonjakan big data. Teknologi ini diklaim mampu mengurangi biaya operasional perusahaan hingga 50%.
 
September
 
Proses seleksi migrasi ke televisi digital kembali tertahan karena Komisi I DPR menunda alokasi anggaran untuk kegiatan digitalisasi tahun anggaran 2013 senilai Rp106 miliar.
 
Operator seluler mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk merampungkan regulasi mengenai seleksi kanal 3G di 2,1GHz. Desakan muncul dilatarbelakangi belum jadinya regulasi tersebut. Selain
itu, utilisasi jaringan operator kian tinggi.
 
Pemerintah membuka kembali izin penyelenggaraan jasa interkoneksi atau network access point (NAP) untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan bandwidth di Indonesia. Pada 2 tahun mendatang total kebutuhan bandwidth diperkirakan meningkat 25% dari permintaan saat ini.
 
Oktober
 
Peraturan Pemerintah No. 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dirilis. Regulasi ini mengharuskan penyelenggara sistem elektronik untuk pelayanan publik, termasuk telekomunikasi dan perbankan, menempatkan pusat data dan pusat pemulihan bencana di Indonesia.
 
Layanan BlackBerry, seperti BBM dan e-mail, ngadat. Operator telekomunikasi mendapati banyak keluhan dari pelanggan. Tak hanya terjadi di Indonesia, nasib yang sama juga ditanggung pengguna BlackBerry di Asia Pasifik. 
 
Indosat mulai memperkenalkan layanan 3G di frekuensi 2G 900 MHz. uji coba digelar di Bukittinggi dan Padang, Sumatra Barat.
 
Windows 8 dipasarkan ke Indonesia. Sistem operasi teranyar keluaran Microsoft ini dioperasikan lewat komputer jinjing, tablet, perangkat convertible, all-in-one.
 
November
 
Pemerintah mulai menggelar uji publik aturan tentang penyelenggaraan jasa pesan premium dan konten. Beleid ini merupakan revisi dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 1/2009 tentang Penyelenggaraan Jasa Pesan Premium dan Pengiriman Jasa Pesan Singkat ke Banyak Tujuan (Broadcast).
 
Kaskus, forum diskusi dan jual beli terbesar di Indonesia, menggelar pertemuan akbar perdana setelah 13 tahun berdiri. Kaskus berencana memperkuat marketplace dan menerapkan sistem pembayaran akun bersama pada kuartal I/2013.
 
Apple mulai memasarkan iPad mini di pasar global. Perangkat digital, yang dirilis pada Oktober, ini datang dengan layar berukuran 7,9 inci. Tiga generasi iPad yang sebelumnya memiliki luas layar 9,7 inci.
 
Desember
 
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memproyeksi pengguna Internet pada tahun depan mencapai 82 juta pengguna, naik dari 63 juta. Beberapa isu yang juga akan berkembang dalam dunia Internet Indonesia pada 2013 di antaranya pertumbuhan konten dan aplikasi, e-commerce, dan bisnis pusat data.
 
Nilai penjualan domain .id pada 2013 diperkirakan mencapai sekitar Rp22,5 miliar pada 2013. Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) memperkirakan sekitar 300.000 domain .id terdaftar hingga akhir 2013.
 
Nokia bekerja sama dengan XL dan Microsoft meluncurkan layanan pembelian konten berbayar di Windows Phone Store menggunakan pulsa (operator billing). Model bisnis pertama di Asia Pasifik ini merupakan usaha Nokia untuk memperbesar penetrasi ponsel pintar dan Windows Phone di Indonesia.
 
Operator telekomunikasi dalam negeri mulai menjual ponsel pintar iPhone 5. Harganya bervariasi, tergantung kapasitas penyimpanan. Ponsel cerdas buatan Apple ini dipasarkan dari Rp8 jutaan hingga Rp11 juta.   (ra)
 
 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bisnis Indonesia

Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup