Menkominfo seharusnya dukung situs lokal

Lingga Sukatma Wiangga
Rabu, 21 September 2011 | 16:56 WIB
Bagikan

JAKARTA: Kalangan pengamat teknologi informasi menyesalkan sikap Menteri Komunikasi dan Informatika yang sangat welcome terhadap kehadiran vendor teknologi informasi asing, seperti Google, sementara pengembang lokal kurang diberdayakan.

 

“Google itu nyari uang dari pasar di Indonesia, sedangkan sebagai benefitnya dia melakukan pelatihan kepada UKM. Itu adalah murnis bisnis biasa, tidak perlu di endorse menteri segala,” ujar Direktur Teknologi Informasi Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Ventura Elisawati kepada Bisnis hari ini.

 

Mestinya, tambahnya, Menkominfo justru menantang situs-situs lokal untuk mendukung usaha kecil dan menengah, bukannya malah seperti ikut meng-iklankannya.

 

Situs-situs e-commerce lokal yang saat ini cukup berkembang di Indonesia a.l. kaskus.com, indonetwork, saling-silang, plasa.com, dan lainnya.

 

Seperti diketahui, Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan optimismenya terkait kerja sama antara pemerintah RI dengan Google pasalnya pihaknya telah mengadakan pembicaraan terkait rencana investasi tersebut.

 

Tifatul juga mengungkapkan telah dibentuk tim untuk mengkaji mekanisme kerja sama yang akan menentukan nilai investasinya.

 

Kerjasama yang diinginkan adalah untuk mengangkat kiprah Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia agar bisa cepat go international.

 

"Google mau kerja sama, kalau kami mengarahkan ke UKM supaya produk-produk UKM dilakukan pemasaran melalui Google kan jadinya internasional," ujarnya.(api)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper