Jelang HUT Ke-79 RI, Telkomsel Siapkan 49 BTS 5G dan 4G di IKN

Rika Anggraeni
Selasa, 6 Agustus 2024 | 10:09 WIB
Teknisi melakukan pengecekan dan perbaikan perangkat pemancar telepon selular atau Base Tranceiver Station (BTS)di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (13/12).
Teknisi melakukan pengecekan dan perbaikan perangkat pemancar telepon selular atau Base Tranceiver Station (BTS)di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (13/12).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyediakan sebanyak 49 stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS) jaringan 5G dan 4G di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan wilayah pendukung lainnya.

Anak perusahaan dari Telkom Group itu memastikan kesiapan infrastruktur terdepan di IKN dalam rangka mendukung HUT ke-79 RI di IKN.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan bahwa Telkomsel telah meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan di dua kota penyangga IKN, yaitu Balikpapan dan Samarinda untuk memastikan konektivitas layanan tetap terjaga dengan lancar bagi para pendatang dan tamu yang memasuki wilayah IKN.

Indra menyampaikan bahwa layanan ini mencakup 10 titik area khusus, termasuk bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, serta jalan utama yang menghubungkan kedua kota dengan wilayah IKN.

Indra menuturkan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan kenyamanan akses komunikasi di IKN serta mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk mewujudkan visi IKN menjadi kota berkelanjutan di dunia yang memiliki kapabilitas smart city berbasiskan teknologi masa depan.

“Langkah ini selaras dengan visi dan misi Telkomsel untuk menghadirkan layanan terdepan yang memberdayakan masyarakat, serta mendukung pemerintah dalam upaya pemerataan pembangunan dan penyediaan infrastruktur yang mampu menjadi penggerak ekonomi Indonesia secara berkelanjutan,” kata Indra dalam keterangan resmi, Selasa (6/8/2024).

Di samping itu, Telkomsel juga menyiapkan ketersediaan beragam produk dan layanan digital dengan menghadirkan pusat layanan pelanggan, termasuk booth di area kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan GraPARI Nusantara yang terletak di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Indra menuturkan bahwa titik layanan pelanggan tersebut menyediakan berbagai layanan. Perinciannya, mulai dari pembelian paket data, pembelian voucher fisik, isi ulang pulsa, pembelian SIM card prabayar dan eSIM, dan penggantian kartu hilang atau rusak.

Kemudian, ada upgrade kartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), pembelian modem Orbit dan layanan IndiHome, penukaran Telkomsel Poin, hingga aktivasi jaringan 5G.

"Semua inisiatif yang kami lakukan, mulai dari kesiapan jaringan broadband terdepan hingga berbagai produk dan layanan inovatif,” ungkapnya.

Telkomsel berharap dengan sejumlah inisiatif ini dapat memberikan pengalaman komunikasi yang lancar dan efisien dalam memenuhi kebutuhan digital seluruh pelanggan di IKN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper