10 Hewan Paling Langka di Dunia

Redaksi
Kamis, 14 Desember 2023 | 14:40 WIB
Elang hitam/
Elang hitam/
Bagikan

6. Roach's mouse-tailed dormouse

Roach's mouse-tailed dormouse merupakan salah satu hewan pengerat yang paling tidak dikenal dan paling langka di Eropa.

Hewan ini hidup di habitat terbuka dan semi-terbuka dengan pepohonan tua dan sedikit aktivitas pertanian, habitat yang masih sangat umum di Eropa tenggara. Namun, habitat ini semakin terancam, baik karena dikonversi menjadi lahan pertanian intensif atau, jika tidak ditanami, menjadi hutan tertutup.

7. Babi kutil bawean

Babi kutil bawean merupakan spesies babi yang ditemukan di pulau Bawean, Indonesia. Saat ini, hewan ini diperkirakan hanya berjumlah beberapa ratus ekor dan hanya tersisa 10% dari hutan asli Bawean.

Hewan ini terancam punah karena deforestasi yang menjadi masalah besar di Indonesia. Ketika babi ini mencari makan di luar hutan, mereka berkonflik dengan manusia yang menganggapnya sebagai hama.

8. Lutung emas

Dianggap sebagai salah satu dari 25 primata yang paling terancam punah di dunia, jumlah lutung emas telah menurun sebanyak 60% di Bhutan.

9. Buaya Siam

Buaya Siam yang terancam punah ini dulunya tersebar luas di sebagian besar daratan Asia Tenggara. Namun saat ini, buaya siam tidak lagi ditemukan di 99% wilayah jelajahnya dan jumlah buaya ini diperkirakan telah menurun menjadi sekitar 250 ekor di alam liar.

10. Badak Sumatera

Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) adalah salah satu mamalia besar yang terancam punah dengan populasi yang hanya tersisa di Indonesia.

Dalam 30 tahun terakhir, populasi mereka telah berkurang lebih dari 80% terutama karena perburuan liar dan hilangnya habitat, serta diperkirakan hanya ada 30 badak dewasa yang tersisa dalam populasi yang layak. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper