TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia, Apa Bedanya dengan yang Lama?

Hesti Puji Lestari
Senin, 11 Desember 2023 | 12:22 WIB
Ilustrasi tiktok shop/facebook
Ilustrasi tiktok shop/facebook
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - TikTok Shop segara kembali setelah resmi bergabung dengan Tokopedia. Lalu, apa bedanya dengan TikTok Shop yang lama?

Seperti diketahui, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dan TikTok, mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. Sebagai catatan TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Kerjasama ini membuat TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar atau setara Rp23,27 triliun dengan kurs Rp15.517, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia.

Ini membawa angin segara bagi pedagang TikTok yang sempat mengeluh sejak TikTok Shop resmi ditutup pada 4 Oktober 2023 lalu.

Meski demikian, pertanyaan pun muncul. Apa beda TikTok Shop yang lama dengan TikTok Shop Tokopedia?

Beda TikTok Shop lama dengan TikTok Shop Tokopedia sejauh ini

Karena merupakan hasil kerjasama antara TikTok dengan Tokopedia, TikTok Shop diprediksi akan mengalami sedikit perbedaan daripada sebelumnya.

Akan tetapi sejauh ini, belum diketahui bagaimana tampilan dari TikTok Shop Tokopedia tersebut.

Sebab pihak Tokopedia baru mengatakan bahwa kemitraan keduanya dimulai dengan inisiatif bernama Beli Lokal pada 12 Desember 2023 besok.

Tapi buat kamu yang penasarah, TikTok telah mengumumkan kepada TikTok Shop Seller bahwa mereka bisa mengakses dan mengelola produk di Seller Center per Senin hari ini (11/12/2023).

Namun tentu saja, itu baru akses sementara sebab pelanggan baru bisa menggunakannya Selasa besok (12/12/2023).

"Mulai Senin, 11 Desember 2023 pukul 9:00 Wib, Seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center. Pelanggan juga bisa mulai membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi Live di aplikasi Tiktok pada Selasa, 12 Desember 2023,"bunyi keterangan TikTok di email.

Dari penelusuran Bisnis, menu keranjang di TikTok Shop belum bisa disematkan ke postingan. Meski sudah bisa menambahkan produk, namun pengguna belum bisa melakukan pembelian barang di TikTok Shop hari ini, Senin (11/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper