Profil Leontinus Alpha, Pendiri Tokopedia yang Menjadi Timses Anies-Cak Imin

Crysania Suhartanto
Selasa, 14 November 2023 | 18:07 WIB
Leontinus Alpha Edison/dok.Tokopedia
Leontinus Alpha Edison/dok.Tokopedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah menetapkan anggota Tim Pemenangan Anies-Cak Imin. Adapun salah satu co-captain timses tersebut adalah pendiri Tokopedia,Leontinus Alpha Edison.

“Berikutnya adalah co-captain Leontinus Alpha Edison. Beliau adalah co-founder Tokopedia. Beliau pemuda asal Pontianak, Kalimantan Barat. Hobinya bersepeda, menjelajah,” ujar Anies, Selasa (14/11/2023).

Berdasarkan penelusuran Bisnis, pria dari kota Khatulistiwa ini merupakan lulusan dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 2003. 

Setelah lulus, Leontinus langsung merintis karirnya sebagai website developer di PT Signet Pratama, sebuah anak perusahaan dari Sigma Grup yang bergerak di pasar teknologi.

Lalu dua tahun kemudian, Leontinus pun berpindah ke PT Semesta Tirta Antara Raya dengan posisi yang sama. Dan hanya dalam dua bulan, dia pun berpindah ke PT Indocom Mediatama, sebagai general manager. 

“Tanggung jawab saya di sini beragam, mulai dari koordinasi bagian teknis, membangun hubungan dengan semua perusahaan telekomunikasi, perencanaan strategis, perencanaan bisnis,” ujar Leon dalam keterangan di LinkedIn-nya.

Selain itu, di sanalah ia bertemu dengan William Tanuwijaya, seorang yang menjadi partner bisnisnya dalam membuat perusahaan yang saat ini berkontribusi sekitar 2,2% dari GDP Indonesia. 

Dikutip dari laman Tokopedia, perusahaan e-commerce ini diluncurkan pertama kali pada 17 Agustus 2009 dengan misi pemerataan ekonomi secara digital. Selain itu, mereka juga ingin melakukan upaya untuk memperpendek jurang pemisah antara kota besar dan kota kecil.

Setelah menghadapi berbagai penolakan dan tantangan, misi inipun tercapai beberapa tahun kemudian, saat Tokopedia mulai besar. 

Adapun selain sebagai pendiri, Leon juga menjadi wakil presiden Tokopedia, yang bertugas untuk membimbing dan membina generasi baru di Tokopedia. 

Namun, pada 31 Oktober 2023 Leon mengundurkan diri dan sudah tidak terlibat dalam kegiatan manajemen di Tokopedia sejak terbentuknya GoTo di tahun 2021. Leontinus Alpha Edison telah melepas posisinya di Tokopedia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper