Cara Menghapus Saluran WhatsApp (WA) dengan Mudah

Rendi Mahendra
Jumat, 10 November 2023 | 14:22 WIB
Begini Cara Menghapus Saluran Whatsapp dengan Mudah, Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Dok. Whatsapp
Begini Cara Menghapus Saluran Whatsapp dengan Mudah, Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Dok. Whatsapp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru yang dikenal sebagai Saluran atau Channel. Fitur Saluran WhatsApp memungkinkan admin untuk mengirim siaran privat satu arah kepada pengikutnya.

Meskipun fitur ini memiliki banyak manfaat, sebagian pengguna mungkin merasa terganggu olehnya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menghapus Saluran di WhatsApp jika kamu ingin menghilangkan gangguan tersebut.

Sebelum kita membahas langkah-langkah menghapus Saluran di WhatsApp, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Saluran atau Channel di WhatsApp.

Apa Itu Saluran WhatsApp?

Saluran atau Channel adalah fitur broadcast atau siaran privat satu arah yang memungkinkan admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling kepada pengikutnya.

Dengan kata lain, pengikut Saluran hanya bisa menerima pesan dari admin dan tidak dapat mengirim pesan balik.

Fitur Saluran WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengikuti Saluran yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka, seperti hobi, tim olahraga, dan banyak lagi. Perlu dicatat bahwa Saluran beroperasi secara terpisah dari obrolan biasa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari.

Selain itu, nomor telepon dan foto profil admin Saluran serta pengikutnya tidak akan terlihat, sehingga menjaga keamanan dan privasi. Ini membuat Saluran di WhatsApp serupa dengan fitur Saluran yang ada di Instagram, keduanya merupakan bagian dari perusahaan Meta.

Cara Menghapus Saluran WhatsApp

Sekarang, setelah kita memahami apa itu Saluran di WhatsApp, mari kita pelajari langkah-langkah cara menghapus Saluran WhatsApp dengan mudah dan cepat:

  • Buka Aplikasi WhatsApp: Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu dan pastikan kamu sudah masuk ke akun yang ingin kamu gunakan.
  • Akses Tab Pembaruan atau Updates: Di layar utama WhatsApp, cari dan akses tab yang disebut Pembaruan atau Updates. Di sini, kamu akan melihat daftar Saluran yang kamu ikuti.
  • Pilih Saluran yang Ingin Dihapus: Selanjutnya, pilih Saluran yang ingin kamu hapus dari daftar tersebut. Kamu bisa menekan dan menahan nama Saluran untuk memilih lebih dari satu Saluran sekaligus.
  • Tekan Ikon Tempat Sampah: Setelah memilih Saluran yang ingin kamu hapus, tekan ikon tempat sampah yang terletak di pojok kanan atas layar. Ini akan memunculkan konfirmasi untuk menghapus Saluran tersebut.
  • Pilih Hapus: Terakhir, pilih Hapus untuk mengkonfirmasi penghapusan Saluran. Setelah proses ini selesai, Saluran yang kamu hapus akan hilang dari tab pembaruan, dan kamu tidak akan lagi menerima notifikasi dari Saluran tersebut.

Untuk bisa menghapus Saluran di WhatsApp dengan mudah dan cepat, kamu perlu memenuhi persyaratan berikut, pengguna harus memiliki aplikasi WhatsApp versi terbaru yang mendukung fitur Saluran atau Channel.

Cara mengetahui versi aplikasi WhatsApp yaitu dengan membuka menu Setelan > Bantuan > Info Aplikasi, dan jika belum terbaru, Anda bisa memperbarui aplikasi melalui Google Play Store atau App Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper