Internet Telkom (TLKM) & Starlink Hadir di Papua Pegunungan, Kecepatan Capai 200 Mbps

Crysania Suhartanto
Rabu, 13 September 2023 | 19:12 WIB
Pekerja Telkomsat berada di depan infrastruktur penerima sinya satelit Starlink Elon Musk/dok. Telkomsat.
Pekerja Telkomsat berada di depan infrastruktur penerima sinya satelit Starlink Elon Musk/dok. Telkomsat.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) melalui anak usahanya Telkomsat yang berkolaborasi dengan Starlink menghadirkan sinyal internet cepat di Papua Pegunungan, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah setempat dalam mendorong transformasi digital.

Adapun penyediaan layanan yang dinamakan VSAT Star ini pun diberikan untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Pegunungan. 

Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd. Rauf mengatakan hal tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan digital di Indonesia. 

"Kami senantiasa memaksimalkan dan mengoptimalkan pemanfaatan hak labuh Starlink yang diberikan kepada Telkomsat sebagai bagian dari Telkom Group, untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia,” ujar Lukman, dikutip Rabu (13/9/2023).

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Papua Pegunungan Kalvin Billin mengaku sebelum adanya layanan VSAT Star, layanan internet berbasis satelit orbit rendah Starlink, pihaknya mengalami kekurangan jaringan untuk melayani kantor. 

Alhasil, mereka harus meminjam layanan akses internet dari pemerintah kabupaten.

Namun, kehadiran VSAT Star membuat Kantor Dinas Kominfo Papua Pegunungan dapat mengakses internet dengan kecepatan dan kualitas yang memadai. Selain itu, kantor tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan ingin menyampaikan apresiasi mendalam kepada layanan VSAT Star yang disediakan oleh Telkomsat,” ujar Kalvin. 

Sebagai informasi, saat ini Telkomsat merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki Hak Labuh Satelit Non Geostationer (NGSO) Starlink khusus untuk layanan backhaul

Layanan VSAT Star memiliki kecepatan data hingga 200 Mbps per titik, yang menjadikannya solusi ideal untuk mengatasi tantangan konektivitas di daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper