Jumlah BTS Telkomsel Susut, Kecepatan Internet Melesat

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 31 Agustus 2023 | 17:18 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatatkan peningkatan rata-rata kecepatan unduh pada kuartal II/2023 dibandingkan dengan Desember 2022.

Laporan Speedtest melaporkan kecepatan unduh Telkomsel sebesar 28,71 Mbps atau tumbuh 7,86 Mbps. Pencapaian tersebut merupakan pertumbuhan tertinggi di industri telekomunikasi

Sementara itu untuk latensi, Telkomsel mencatat sebesar 46 milidetik (ms). Latensi adalah indikator untuk mengukur tingkat kemulusan dan kecepatan respons jaringan saat pengguna menggunakan internet, khususnya untuk bermain gim. Makin kecil latensi, maka makin baik. 

Adapun di Industri telekomunikasi, pada kuartal II/2023, latensi Telkomsel adalah yang terendah jika dibandingkan dengan XL Axiata (51 ms), Indosat (55 ms), Tri (58 ms) dan Smartfren (59 ms). 

Peningkatan kecepatan rata-rata unduh Telkomsel terjadi di tengah penurunan jumlah BTS yang mereka miliki. 

Pada semester I/2023, Telkomsel mengoperasikan 255.107 base transceiver station (BTS) atau berkurang sekitar 26.730 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penurunan tersebut disebabkan pemadaman dan peralihan jaringan 3G ke 4G yang dilakukan Telkomsel.   

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan pada awal Juli 2023, Telkomsel menuntaskan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia. 

Proses yang dimulai sejak Maret 2022 lalu, secara bertahap dan terukur telah dirampungkan dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49.000 BTS ke 4G/LTE.

“Keseluruhan sisa jaringan 3G yang dialihkan, sebagian BTS 3G-nya dilakukan perampingan dan pemanfaatan spektrum frekuensinya dialihkan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas bandwith jaringan broadband 4G, sehingga kini Telkomsel fokus memaksimalkan lebih dari 228.000 BTS,” kata Saki. 

Imbas dari perampingan tersebut, kata Saki, jumlah BTS Telkomsel yang didukung oleh 4G dan 5G makin banyak untuk melayani lebih dari 96 persen wilayah populasi hingga pelosok negeri. Alhasil, secara keseluruhan Telkomsel pun berhasil mencatatkan pertumbuhan kecepatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper