WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Sembunyikan Alamat IP Penelepon

Redaksi
Rabu, 30 Agustus 2023 | 19:00 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi obrolan WhatsApp mengumumkan akan segera mengeluarkan fitur keamanan baru yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan alamat IP ketika melakukan panggilan.

Kabar ini disampaikan WhatsApp melalui situs blog resminya WABetaInfo pada Selasa (29/8/2023) kemarin. Pengembang aplikasi kini disebut tengah berusaha meningkatkan keamanan panggilan di platform dengan bantuan penyampaian alamat IP, yang secara efektif merutekan panggilan ke servernya untuk keamanan tambahan.

Dalam pemberitahuan tersebut, WhatsApp mengatakan fitur ini akan tersedia dalam update aplikasi mendatang.

Jika sudah tersedia, tombol baru akan muncul pada pengaturan. Pengguna dapat melihatnya setelah menuju ke Pengaturan, Privasi, Panggilan di WhatsApp. Pengguna kemudian akan melihat dua pilihan, yakni mensenyapkan panggilan dari penelepon yang tidak diketahui dan melindungi alamat IP dalam panggilan.

Ketika fitur kedua diaktifkan, WhatsApp akan membuat setiap orang yang terlibat panggilan dengan pengguna kesulitan melacak lokasi pengguna.

Apabila melihat fitur-fitur WhatsApp selama ini berjalan dua arah, seperti penonaktifan tanda baca yang membuat bukan hanya status pesan pengguna tetapi juga status pesan orang lain tidak diketahui, fitur baru ini mungkin juga akan membuat alamat IP orang lain dalam panggilan tidak bisa diketahui.

Di samping itu, WhatsApp memberikan peringatan pada pilihan fitur ini bahwa kualitas panggilan akan terpengaruh jika fitur diaktifkan.

Pada pemberitahuan di WABetaInfo, tidak disebutkan apakah fitur ini hanya berlaku pada panggilan suara atau panggilan video. Jika nantinya fitur ini berlaku pada panggilan video juga, bisa dipastikan kualitas video dalam panggilan video akan terpengaruh.

WhatsApp sejauh ini terus memaksimalkan keamanan platformnya. Pada laman dukungannya, WhatsApp menegaskan bahwa selain teks dan media, panggilan yang dilakukan dalam platform diamankan agar tidak jatuh ke tangan yang salah dengan bantuan enkripsi end-to-end. (Lydia Tesaloni Mangunsong)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper