Elon Musk Resmi Kuasai Domain AI.com, Sebelumnya Milik OpenAI

Lydia Tesaloni Mangunsong
Senin, 7 Agustus 2023 | 12:57 WIB
CEO Tesla Elon Musk. /Bloomberg
CEO Tesla Elon Musk. /Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan AI besutan Elon Musk bernama xAI telah mengambil alih domain AI.com yang sebelumnya diketahui milik perusahaan AI seniornya, OpenAI, perusahaan pembuat chatbot terkenal ChatGPT.

Melansir dari Gizmodo, Senin (7/8/2023), domain AI.com masih menghubungkan pengguna internet ke situs web OpenAI sampai setidaknya 29 Juli lalu.

Meski dilaporkan tidak beroperasi, pada tanggal itu domain mengarah ke situs web dengan simbol perusahaan OpenAI dan dapat mengarahkan pengguna ke beranda ChatGPT.

Sebelumnya, OpenAI diketahui membeli kembali domain AI.com pada Februari lalu. Pembelian ini disebut-sebut menelan jutaan dolar AS, mengingat domain dengan hanya dua karakter merupakan sesuatu yang langka.

Namun kini, jika mengetikkan AI.com di mesin pencari, pengguna akan disambungkan dengan beranda situs web xAI yang baru berisi informasi rilis perusahaan.

xAI merupakan satu dari sejumlah perusahaan yang dimiliki Musk. Startup yang baru memiliki 12 pekerja termasuk Musk sebagai pemilik ini disebut dibangun untuk memahami sifat sesungguhnya dari alam semesta, sebagaimana tulisan “Understand the Universe” terpampang besar di beranda situs AI.com.

Seperti diketahui, Musk merupakan salah satu pendiri OpenAI yang mengundurkan diri dari perusahaan sebab dinilai “membatasi AI”. Hal yang dimaksud Musk adalah fitur pengamanan yang mencegah chatbot ChatGPT mengeluarkan tanggapan bias atau seksis dan dengan demikian membuatnya menganut woke culture atau budaya sadar sosial.

Dengan perusahaan AI barunya yang dirilis pada 13 Juli lalu, Musk disebutkan akan membangun chatbot miliknya sendiri yang tidak terpengaruh bias politik kiri. Perusahaan ini disebut juga akan berkoalisi dengan perusahaan milik Musk lainnya seperti X Corp dan Tesla.

Akhir-akhir ini, Musk masih sibuk dengan media sosial miliknya, X, yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter. Selain sejumlah langkah untuk mendukung rebranding Twitter menjadi X, CEO X Linda Yaccarino juga mengaku akan mendukung media sosial tersebut dengan AI.

“X adalah masa depan dari interaktivitas tanpa batas – berpusat pada audio, video, perpesanan, pembayaran/perbankan – menciptakan pasar global untuk ide, barang, layanan, dan peluang. Didukung oleh AI, X akan menghubungkan kita semua dengan cara yang baru mulai kita bayangkan,” Demikian tulisnya dalam unggahan di akun X pribadinya pada 24 Juli.

Di luar itu, OpenAI kini menggunakan domain OpenAI.com untuk situs web miliknya. Pengguna bisa menggunakan web seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper