Jaringan 5G Bikin Baterai Ponsel Boros, Ini Cara Mengatasinya

Lydia Tesaloni Mangunsong
Jumat, 7 Juli 2023 | 13:07 WIB
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G/freepik
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G/freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah riset sederhana dilakukan oleh Ookla untuk mengetahui perbandingan banyak daya yang hilang selama menggunakan jaringan 4G dan 5G di perangkat ponsel. Hasilnya, jaringan 4G menguras daya lebih hemat 6 hingga 11 persen ketimbang 5G.

Hal tersebut sejalan dengan laporan oleh ViserMark, seperti dilansir dari Gizchina, Jumat (7/7/2023), yang menyatakan adanya dampak terhadap umur baterai hingga sebesar 10 persen dari penggunaan jaringan 5G jika dibandingkan dengan jaringan 4G. Kendati demikian, sesuai ekspektasi, jaringan 5G memiliki performa pemuatan situs dan penyampaian output lebih baik ketimbang 4G.

Terkurasnya daya perangkat saat menggunakan jaringan 5G disebabkan dua hal. Pertama, gelombang 5G memiliki panjang gelombang yang lebih pendek ketimbang 4G, yang mana menyebabkan lebih banyak daya dipakai untuk menyambungkan perangkat dengan jaringan. Kedua, jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan sehingga belum seefisien jaringan 4G.

Sebagaimana perkembangan 5G hingga saat ini masih terus dilakukan, efisiensi daya pada jaringan 5G mungkin akan membaik.

Daya baterai yang digunakan 5G sebenarnya juga dipengaruhi sejumlah faktor lain, seperti jenis perangkat yang digunakan, pola penggunaan perangkat, dan kekuatan jaringan 5G yang diterima. ViserMark melaporkan, masalah baterai di jaringan 5G telah menjadi salah satu fokus pabrik ponsel yang akan diupayakan solusinya.

Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak 5G pada daya baterai:

1. Matikan 5G saat tidak digunakan. Ini menjadi cara paling efektif untuk menghemat daya baterai.

2. Atur perangkat untuk memprioritaskan daya baterai. Ini dapat dilakukan melalui menu pengaturan ponsel Anda.

3. Gunakan mode hemat daya saat bepergian. Mode hemat daya dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai dengan membatasi daya yang digunakan perangkat.

4. Turunkan kecerahan layar perangkat. Layar adalah salah satu penguras baterai ponsel terbesar, sehingga menurunkan kecerahan dapat membantu menghemat masa pakai baterai.

5. Matikan fitur yang tidak perlu. Fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS semuanya dapat menguras baterai perangkat, sehingga mematikannya bisa mengurangi daya yang terkuras selama perangkat digunakan.

6. Tutup aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang berjalan di belakang layar juga dapat menguras baterai, sehingga pengguna sebaiknya memastikan aplikasi tertutup setelah digunakan.

7. Gunakan tema gelap. Tema gelap dapat membantu menghemat masa pakai baterai dengan menggunakan lebih sedikit daya untuk menampilkan layar.

8. Jaga agar perangkat tetap dingin, sebab baterai perangkat akan lebih cepat habis jika terlalu panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper