5 Hal yang Wajib Diketahui dari WiFi Pesawat

Rahmi Yati
Jumat, 30 Juni 2023 | 16:58 WIB
Pesawat Emirates A380 dari Dubai, mendarat di Bali/Novita Sari Simamora
Pesawat Emirates A380 dari Dubai, mendarat di Bali/Novita Sari Simamora
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berada di pesawat Anda sebenarnya tetap dapat terhubung dengan dunia maya meskipun ponsel ada dalam mode pesawat. Syaratnya mudah, hanya perlu menggunakan jaringan WiFi milik maskapai. 

Beberapa maskapai menyediakan akses gratis ke jaringan Wi-Fi, tetapi tidak sedikit juga yang mewajibkan penumpang untuk membeli WiFi. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan WiFi untuk pesawat. 

Dilansir dari Phone Arena, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan WiFi Pesawat:

Berasal dari Internet Satelit 

Wi-Fi di pesawat bekerja dengan dua cara berbeda. Pertama, menggunakan sistem udara-ke-darat atau sistem satelit. Yang pertama lebih baik untuk penerbangan domestik, terutama di atas tanah, karena menggunakan menara seluler di darat. 

Cara lainnya menggunakan sinyal dari satelit dan lebih cocok untuk penerbangan internasional, yang sebagian besar terbang di atas air atau area tanpa jangkauan menara seluler.

Kedua sistem masih dalam perbaikan, dan keduanya tidak menawarkan koneksi internet yang cepat secara konsisten. Pada saat yang sama, harganya cukup mahal, yang merupakan salah satu alasan tidak semua maskapai menawarkan Wi-Fi dalam penerbangannya.

Jangan Sembarangan Kirim Data

Anda harus ingat bahwa jaringan Wi-Fi di pesawat adalah jaringan publik, yang berarti bahwa jaringan tersebut bukanlah jaringan yang paling aman. Jika Anda hanya menggunakan hanya untuk berjelajah di dunia maya, mungkin tidak terlalu bahaya.

Namun jika digunakan untuk mengirimkan dokumen rahasia atau di ponsel Anda menyimpan suatu rahasia, ini menjadi hal berbeda. 

Maskapai yang Sediakan WiFi Gratis

Banyak maskapai yang sudah menyediakan WiFi gratis bagi penumpang. Dua diantaranya adalah JetBlue Airways dan Maskapai Penerbangan Delta. 

JetBlue Airways adalah satu-satunya maskapai penerbangan yang menyediakan Wi-Fi gratis di pesawat di Amerika Serikat. Dengan nama menarik “Fly-Fi”, Wi-Fi JetBlue memiliki kecepatan tinggi dan tersedia di semua pesawat mereka. 

JetBlue bekerja dengan Amazon, dan selain penggunaan gratis, JetBlue Wi-Fi memberi penumpangnya kesempatan untuk melakukan streaming video Amazon Prime.

Delta Air Lines, salah satu maskapai tertua di dunia, adalah pilihan lain untuk Wi-Fi gratis selama penerbangan. Adapun untuk menggunakan WiFi mereka, Anda harus terlebih dahulu menjadi anggota SkyMiles, yang sebenarnya gratis. 

Wi-Fi Delta sebagai layanan gratis di pesawat. Wi-Fi masih belum tersedia untuk semua penerbangan domestik, tetapi perusahaan berupaya mencakup semua rute dan pesawatnya dalam 2 tahun ke depan.

Biaya langganan WiFi di Pesawat

Adapun bagi pesawat yang tidak memberikan WiFi gratis, maka Anda perlu membayar terlebih dahulu. Spirit Airline menawarkan paket WiFi yang relatif murah mulai dari US$2,99 (Rp45.000) dan streaming dengan $5,99 (Rp90.000). 

Sementara itu Southwest Airlines menawarkan hiburan dalam penerbangan dengan opsi penggunaan gratis untuk mengobrol di WhatsApp dan iMessage, tetapi Anda harus membayar US$8 (Rp120.000) hanya untuk menjelajahi internet tanpa streaming.

Sementara itu rata-rata maskapai penerbangan AS menyediakan opsi obrolan gratis atau Wi-Fi dalam pesawat dengan harga sekitar US$10 (Rp150.000), beberapa di antaranya lebih murah dan lainnya lebih mahal. 

Gratis untuk Kelas Bisnis

Hampir semua maskapai penerbangan menawarkan WiFi gratis untuk penumpang kelas bisnis dan kelas satu selama penerbangan internasional. Namun, jika Anda tidak bepergian dengan salah satunya, Anda harus membayar untuk koneksi internet dengan biaya yang ditentukan oleh maskapai. 

Ada beberapa opsi gratis dengan beberapa maskapai penerbangan, termasuk Air China dengan izin untuk hanya menggunakan laptop atau tablet, Air France dan KLM, tetapi hanya untuk pengiriman pesan dengan iMessage, Facebook Messenger, dan WhatsApp, Air New Zealand untuk penerbangan tertentu, Norwegian Air on kecepatan terbatas, dan Qatar Airways untuk 30 hingga 60 menit pertama (tergantung penerbangan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper