Bos Apple Hingga Microsoft Bertemu Biden dan PM India, Bahas Apa?

Lydia Tesaloni Mangunsong
Jumat, 23 Juni 2023 | 10:33 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berjalan ke Gedung Putih setelah perjalanannya ke Colorado, di Washington, AS, 1 Juni 2023. REUTERS/Evelyn Hockstein
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berjalan ke Gedung Putih setelah perjalanannya ke Colorado, di Washington, AS, 1 Juni 2023. REUTERS/Evelyn Hockstein
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah bos perusahaan teknologi seperti CEO Apple, Tim Cook, CEO Alphabet Inc. Sundar Pichai, dan Direktur Perusahaan Microsoft Satya Nadella menghadiri pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Gedung Putih pada Kamis (22/6/2023).

Pertemuan tersebut dilakukan dalam acara jamuan makan malam kenegaraan yang digelar Presiden AS Joe Biden untuk menghormati kunjungan PM India Narendra Modi sekaligus memperkuat hubungan industri teknologi antara AS dan India.

Pada konferensi pers bersama yang digelar Kamis (22/6/2023) kemarin, Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri India Narendra Modi menyebutkan sejumlah kesepakatan komersial seputar industri teknologi, militer, dan pertahanan.

Di antaranya yaitu kesepakatan produksi bersama mesin F414 untuk pesawat tempur ringan oleh General Electric (Amerika) dan Hindustan Aeronautics Ltd. (India), kesepakatan terkait MQ-9B SeaGuardian buatan General Atomics, serta rencana Micron terkait fasilitas perakitan dan uji coba semikonduktor senilai US$2,75 miliar di India. 

Melansir Bloomberg, Jumat (23/6/2023), agenda utama kunjungan Modi ke negeri Paman Sam ini adalah mempermudah investasi Amerika ke India terkait masalah regulasi. 

Hal ini menunjukkan usaha keras India menjadi mitra kunci Amerika pada manufaktur chip semikonduktor dan teknologi penting lainnya, meski kedua negara tersebut bersebrangan dalam ideologi hak asasi dan invasi Rusia ke Ukraina. Sebelumnya, Delhi mengutuk invasi Rusia yang jelas melanggar hak asasi masyarakat Ukraina.

Biden menyambut baik kunjungan Modi melalui jamuan makan malam yang digelar di hari yang sama. Sejumlah aktor penting industri teknologi Amerika hadir pada jamuan itu, seperti CEO Apple Inc. Tim Cook, CEO Alphabet Inc. Sundar Pichai, dan Direktur Perusahaan Microsoft Satya Nadella.

Selain itu, turut hadir juga Wakil CEO General Electrics Larry Culp, Wakil CEO Boeing David Calhoun, CEO Flex Revathi Advaithi, dan Sam Altman sebagai perwakilan OpenAI. 

Kehadiran petinggi-petinggi perusahaan industri pada jamuan untuk kedatangan Modi yang pertama kali ke Amerika itu menunjukkan usaha kerasnya untuk meningkatkan keterlibatan diplomatik dan ekonomi New Delhi di kancah global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper