GOTO Jadi Pemilik Aplikasi dengan Unduhan Terbanyak di Indonesia

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 14 Maret 2023 | 14:54 WIB
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. menjadi pemilik aplikasi Android dengan jumlah unduhan terbanyak ketiga di Indonesia, setelah Samsung dan Telkomsel.

Sebagaimana diketahui, android memiliki berbagai aplikasi yang dapat diunduh setiap saat. Berdasarkan data dari 42matters, Samsung Electronics Indonesia tercatat menjadi pemilik atau penerbit aplikasi (app publishers) android dengan unduhan terbanyak. 

Dilansir dari Dataindonesia.id, Selasa (14/3/2023), hingga 11 Maret 2023, total unduhan dari berbagai aplikasi yang dirilis penerbit aplikasi Samsung tercatat sebanyak 323,72 juta unduhan. Posisinya diikuti Telkomsel dengan total unduhan sebesar 151,06 juta unduhan.

Kemudian, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. memiliki jumlah unduhan sebanyak 146,66 juta unduhan. Tokopedia terpantau punya total unduhan sebanyak 133,34 juta unduhan. Jika ditotalkan, Gojek dan Tokopedia menjadi 280 juta unduhan atau kedua setelah Samsung. 

Sementara itu, total unduhan dari pengembang Baca Family dan PT Espay Debit Indonesia Koe masing-masing sebanyak 103,5 juta unduhan dan 87,22 juta unduhan.

Adapun, aplikasi rintisan dari Kementerian Kesehatan RI memiliki total unduhan sebanyak 85,3 juta unduhan. Lalu, total unduhan dari PT Vidio Dot Com terpantau sebanyak 75,27 juta unduhan.

Dalam perkembangan lain, GoTo mengumumkan pemangkasan terhadap 600 karyawannya. GOTO Group Corporate Secretary Koesoemohadiani mengatakan, langkah pemangkasan ini dilakukan agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar. 

"GoTo juga meninjau kembali prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti," kata Koesoemohadiani, Jumat (10/3/2023).

Ada tiga divisi yang akan dikonsolidasikan karena kebijakan ini. Ketiga divisi yang paling terdampak kebijakan PHK GOTO adalah Goto Financial, Mitra Tokopedia, dan tim rekrutmen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper