CMO Lazada: Saatnya Kaum Perempuan Berani Bersuara

Media Digital
Selasa, 14 Maret 2023 | 09:00 WIB
Foto: CMO Lazada: Saatnya Kaum Perempuan Berani Bersuara
Foto: CMO Lazada: Saatnya Kaum Perempuan Berani Bersuara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kaum perempuan harus berani mengekspresikan diri mengutarakan opini dan membagi apa yang mereka pikirkan. Untuk itu, kaum perempuan perlu meningkatkan soft dan hard skill untuk menghadapi tuntutan zaman, terutama di era digital yang secara konstan terus berubah.

Dorongan agar perempuan berani mengekspresikan diri itu merupakan salah satu tips dari Intan Ayu Kartika, Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia. Ditemui Senin (6/3/2023) siang, Intan anggun dengan balutan tenun ikat. Senyum selalu nampak ketika meladeni pertanyaan dari Bisnis.com.

Intan mengungkapkan, bahwa kaum perempuan di Indonesia sedang menuju pada kesetaraan dalam berbagai bidang. Di kabinet pemerintahan misalkan, sudah ada banyak perempuan yang menduduki kursi menteri. Hal serupa juga bisa ditemui di DPR baik tingkat pusat dan daerah. Begitu juga Intan yang menempati posisi strategis di Lazada.

“Di sektor swasta pun demikian, tidak sedikit kaum perempuan yang menduduki posisi penting. Ada peluang untuk maju yang tersedia. Organisasi perempuan pun saat ini makin banyak dan berkembang serta aktif menyalurkan aspirasi,” tutur Intan yang bergabung dengan Lazada sejak 2022 ini.

Intan melanjutkan, dengan adanya kesetaraan gender dalam pekerjaan, perempuan Indonesia harus selalu meningkatkan kemampuan diri agar tidak ketinggalan lantaran perkembangan informasi selalu berlangsung dengan cepat, di samping kompetisi yang semakin ketat.

Adapun kemampuan yang selalu ditingkatkan meliputi hard dan soft skill. Misalkan dia yang berkecimpung di dunia marketing, harus meningkatkan pengetahuan tentang dunia itu. 

Menurutnya, kemampuan soft skill, seperti: kemampuan bernegosiasi, kolaborasi, komunikasi, kepemimpinan dan bimbingan perlu terus ditingkatkan. Tidak berhenti di situ, kaum perempuan pun menurutnya harus berani mengekspresikan diri mengutarakan opini dan membagi apa yang mereka pikirkan. Jika tidak melakukan hal itu, pihak lain tidak akan mengetahui dan memahami pemikiran dari kaum perempuan.

“Kalau sudah punya kemampuan dan berani mengekspresikan, langkah selanjutnya adalah percaya diri. Kita harus percaya diri kalau kita mampu dan selalu optimis serta berpikiran positif. Kalau tidak berani coba bagaimana kita bisa tahu kemampuan kita,” ujarnya.

CMO Lazada: Saatnya Kaum Perempuan Berani Bersuara

Selain kemampuan memberdayakan diri sendiri, kaum perempuan pun menurutnya perlu memiliki sokongan dari pihak lain yang jamak disebut support system berupa dukungan dari suami, dan orang sekitar. Intan yang memiliki peran lain sebagai ibu tiga anak ini mengatakan, suaminya senantiasa mendukung kariernya.

Intan berbagi tips bagi kaum perempuan yang belum menikah, sedapat mungkin menyampaikan ke calon suami tentang keinginan untuk melanjutkan karier sehingga suami bisa memahami. Komunikasi adalah kunci penting dalam sebuah rumah tangga.

“Misalkan kita sedang ada pekerjaan penting, tetapi ada hal yang tidak bisa kita hindari berkaitan dengan kepentingan keluarga. Di posisi ini kita bisa minta tolong suami untuk menangani urusan keluarga. Suami saya selalu siap saat saya butuhkan,” bebernya.

Pandangan Intan tentang tema besar pemberdayaan, sejalan dengan misi Lazada yang ingin mendorong pertumbuhan di Indonesia melalui pengembangan UMKM lokal, ekosistem serta talenta digital.

Untuk mewujudkan itu Lazada, tuturnya, ingin memberikan pengalaman yang menyenangkan dengan produk berkualitas dan tentunya memberikan inspirasi.

Tahun lalu, Lazada telah mengusung program “Tambah ke Troli Tambah Hidupmu” di mana selain pengalaman berbelanja, para konsumen juga mendapatkan inspirasi baru.

“November 2022 lalu, kami menggelar Lazada Women’s Festival bertajuk #Berani Bersinar untuk memperlihatkan kepada siapa saja termasuk perempuan muda untuk saling menginspirasi, mengembangkan diri, serta mewujudkan mimpi.

Dalam event yang berlangsung 3 hari itu ada banyak pembicara inspiratif, fashion dan beauty, yang bertujuan sebagai wahana generasi muda untuk berdaya,” paparnya.

Tidak hanya itu, ada juga program Elevate Women di mana Lazada memilih finalis dari para perempuan pemilik usaha, dan mendukung bisnisnya dengan berbagai bantuan investasi baik finansial maupun non finansial.

Terakhir, Lazada menggalakkan “Pengiriman Cepat Gratis Ongkir” yang memberikan pengalaman belanja terbaik bagi para konsumen dengan tujuan untuk mendongkrak penjualan seller dan mendorong kemajuan UMKM di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper