XL Axiata Prediksi Trafik Data saat Ramadan & Lebaran Melonjak 30 Persen

Rahmi Yati
Selasa, 14 Maret 2023 | 10:14 WIB
XL Axiata Tower, Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
XL Axiata Tower, Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) memprediksi adanya lonjakan trafik data saat Ramadan dan libur panjang Lebaran sebesar 20-30 persen dibandingkan hari biasanya.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya telah menyiapkan jaringan telekomunikasi yang kuat dan berkualitas menjelang Ramadan dan Lebaran 2023.

"Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan data di sepanjang Ramadan dan terlebih saat libur panjang Lebaran," katanya melalui siaran pers, dikutip Selasa (14/3/2023).

Menurut Gede, biasanya pada dua momentum tersebut trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data memang meningkat cukup signifikan.

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Ramadan dan Lebaran ini bisa terjadi karena perilaku pelanggan, seperti melakukan pertemuan-pertemuan tatap muka secara daring/online dengan keluarga dan kerabat, komunitas, dan teman-teman yang sudah lama tidak saling bertemu.

"Kami memprediksi, sepanjang Ramadan hingga Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30 persen dibandingkan hari biasa," ucap dia.

Lebih lanjut, Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15 persen saat masuk di masa libur Lebaran.

Untuk itu, selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya yang dilakukan XL Axiata berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

"Untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari ," imbuh Gede. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper