Waspada! Ini 10 Racun Paling Mematikan di Dunia

Sabina Arla Yogandini
Senin, 13 Maret 2023 | 20:10 WIB
Racun sianida/actionnews.com
Racun sianida/actionnews.com
Bagikan

6. Maitotoxin

Racun jenis ini diproduksi oleh Gambierdiscus toxicus, spesies dinoflagellata. Racun ini meningkatkan aliran ion kalsium melalui membran otot jantung yang mana apabila terkena racun ini akan mengakibatkan gagal jantung. Kurang dari satu nanogram racun ini sudah cukup untuk membunuh seekor tikus.

7. Strychnine

Strychnine ditemukan dalam biji pohon Strychnos nux-vomica yang tumbuh terutama di daerah tropis. Racun jenis ini akan menyerang sistem saraf pusat yang akan menyebabkan hampir semua otot di tubuh seseorang melengkung dan mengalami kejang-kejang. Selanjutnya, korban akan meninggal dalam kurun waktu 2-3 jam.

8. Sianida

Sianida sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat karena sianida merupakan salah satu racun yang paling terkenal dan paling mematikan di dunia. Sianida tersedia dalam bentuk gas (hidrogen sianida) dan bubuk (kalium sianida).

Dalam dosis yang kecil saja, sianida dapat membunuh orang dalam hitungan menit dengan cara mengikat molekul besi dalam darah dan mencegahnya membawa oksigen ke sel-sel tubuh.

9. Tetradotoxin (TTX)

Tetradotoksin adalah salah satu racun saraf yang paling kuat. Racun ini biasanya ditemukan pada ikan buntal yang digunakan untuk mengolah fugu, makanan khas Jepang.

TTX membunuh beberapa orang di Jepang setiap tahunnya. Dengan dosis kecil saja sudah dapat menghentikan konduksi saraf antara tubuh dan otak dengan memblokir saluran natrium. Racun ini mematikan baik jika diserap, dihirup, atau pun tertelan.

10. Brodifacoum

Brodifacoum adalah antikoagulan yang sangat mematikan. Saat ini, obat ini digunakan secara luas sebagai pestisida dan pembasmi hewan pengerat.

Racun ini muncul pertama kali pada tahun 1975, obat ini bekerja dengan cara mengurangi kadar vitamin K dalam darah, yang menyebabkan pendarahan internal dan kematian. Selain itu, racun ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper