Waspada! Ini 10 Racun Paling Mematikan di Dunia

Sabina Arla Yogandini
Senin, 13 Maret 2023 | 20:10 WIB
Racun sianida/actionnews.com
Racun sianida/actionnews.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Racun merupakan salah satu penyebab kematian baik bagi manusia maupun hewan.

Dosis sedikit saja dapat langsung berimbas pada tubuh.

Racun bisa berdampak bahaya bagi kesehatan hingga kematian. Tak sedikit kasus orang keracunan yang berakibat pada kematian.

Berikut ini adalah 10 racun mematikan di dunia yang dikutip dari Value Walk.

1. Polonium

Urutan pertama racun paling mematikan di dunia, yaitu polonium. Dikatakan bahwa 250.000 kali lebih beracun daripada hidrogen sianida. Racun jenis ini hanya memerlukan tujuh triliun gram polonium saja sudah cukup untuk membunuh orang dewasa.

Menurut para penyelidik Inggris, agen-agen Rusia menggunakan racun jenis ini untuk meracuni mantan agen FSB Alexander Litvinenko di London lebih dari satu dekade yang lalu. Sebuah negara nuklir akan membutuhkan beberapa ton bijih uranium untuk menghasilkan beberapa nanogram polonium.

2. Botulinum toxin atau Botox

Racun ini diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum bacteria. Hanya dengan menggunakan beberapa nanogram saja sudah cukup untuk membunuh orang dewasa.

Bakteri ini akan mengakibatkan kelumpuhan otot dan saraf dengan cara mencegah pelepasan neurotransmitter asetilkolin. Bakteri ini ditemukan hampir di semua tempat, tetapi hanya tumbuh subur di lingkungan anaerobik atau tempat yang tidak ada oksigen.

Racun ini digunakan oleh mantan diktator Iran, Saddam Hussein, dia memproduksinya sebagai senjata perang. Sejumlah kecil racun yang sama ditemukan dalam Botox, yang membekukan otot-otot pada tempatnya untuk meminimalkan kerutan.

3. Ricin

Racun mematikan yang ketiga adalah ricin. Racun ini diekstrak dari biji jarak. Racun jenis ini hanya memerlukan beberapa miligram sudah cukup untuk menghentikan produksi protein dalam tubuh seseorang. dan membunuh orang lain.

Virus ini sempat digunakan pada tahun 1978 untuk membunuh pembangkang Bulgaria, Georgi Markov, di London. Ini adalah yang paling mematikan ketika racun tersebut disuntikkan atau dihirup oleh seseorang.

4. VX

VX seharusnya digunakan sebagai insektisida, tetapi para ahli kimia menemukan bahwa VX terlalu kuat untuk digunakan di bidang pertanian. Baik AS maupun Uni Soviet telah mengumpulkannya selama Perang Dingin.

Pada tahun 1968 ada sekitar 4.000 domba terbunuh karena tidak sengaja diracuni dengan VX di Utah. Tahun lalu, saudara tiri diktator Korea Utara Kim Jong-Un, Kim Jong-Nam, meninggal di Malaysia ketika dua wanita menyemprotkan VX ke wajahnya. Hanya dengan 0,4 mg agen saraf ini sudah cukup untuk membunuh orang dewasa yang terbilang masih dalam kondisi sehat.

5. Batrachotoxin (BTX)

Berikutnya ada batrachotoxin. Batrachotoxin adalah racun saraf yang sangat kuat, tetapi tidak mudah didapat kecuali Anda tinggal di hutan hujan tropis.

Tergolong jenis racun yang kuat, dengan 0,2 gram Batrachotoxin saja sudah cukup untuk membunuh manusia. Racun ini mengacaukan saluran natrium yang berfungsi dalam sel-sel otot dan saraf korban, yang mengakibatkan kelumpuhan dan kematian dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper