Saksikan 'Bulan Purnama Cacing' pada 7 Maret 2023

Arlina Laras
Senin, 6 Maret 2023 | 14:26 WIB
Blue moon bulan purnama biru akan terjadi pada 22 Agustus 2021
Blue moon bulan purnama biru akan terjadi pada 22 Agustus 2021
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan purnama super yang terjadi pada Maret ini, dikenal dengan sebutan Worm Moon, akan terjadi di AS bagian timur yang mencapai pada 7.40 EST, 7 Maret 2023.

Menurut Center for Native American Studies,  sebutan Worm Moon alias bulan purnama cacing itu berasal dari orang-orang suku Naudowessie (Dakota) dan penduduk asli Amerika lainnya yang menyebut istilah Worm Moon mengacu pada musim cacing ang bermunculan dari tanah setelah hujan musim semi. 

Julukan lain untuk purnama di bulan Maret adalah Sugar Miin, Eagle Moon, dan Lenten Moon. 

Menurut NASA, munculnya bulan ini bertepatan dengan momen Prapaskah, setelah periode puasa umat Kristen sebelum Paskah, yang bertepatan dengan periode siklus bulan ini. 

Bulan purnama juga bertepatan dengan Purim, hari raya Yahudi yang merayakan keselamatan bangsa Yahudi dari rencana pembunuhan semua warga Yahudi Persia kuno. Purim 2023 akan dimulai pada malam tanggal 6 Maret dan berlanjut hingga malam tanggal 7 Maret.

Bagi umat Hindu, bulan purnama bulan Maret ini menandai festival Holi, perayaan cinta dewa Radha Krishna dan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Selama Holi, orang-orang yang bersuka ria menyalakan api unggun dan saling menyiram dengan bubuk warna-warni atau air yang diwarnai.

Bagi banyak umat Buddha, bulan purnama bulan Maret adalah bulan purnama dari bulan lunar ketiga, saat festival Magha Puja di Kamboja, Laos, Thailand, dan Sri Lanka. Festival ini merayakan pertemuan kuno para murid dengan Buddha.

Bulan purnama selalu terjadi ketika bulan dan matahari berada di sisi bumi yang berseberangan. Dengan sisi siang bulan yang sepenuhnya menghadap Bumi, seluruh piringan bulan tampak terang dan bulat. 

Menurut The Sky Live bulan saat ini berada 251.072 mil (404.062 kilometer) dari Bumi, baik pada titik terjauh maupun terdekatnya (masing-masing dikenal sebagai apogee dan perigee).

Setelah Worm Moon, bulan purnama berikutnya adalah Bulan Merah Muda, diambil dari nama bunga liar merah muda yang mulai mekar saat ini di beberapa bagian Amerika Utara yang akan terjadi pada tanggal 5 April 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper