Benarkah Youtube Mau Bikin Streaming Siaran Televisi Gratis?

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 16 Januari 2023 | 02:00 WIB
Youtuber/youtube
Youtuber/youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Platfrom streaming video raksasa YouTube membuka peluang untuk merilis fitur baru yang memungkinkan penggunanya menonton siaran televisi (TV) secara gratis.

Dilansir dari GSMArena, Minggu (15/1/2023) Youtube saat ini dikabarkan sedang menguji potensi layanan tersebut.

Anak usaha milik Gooogle sedang dalam pembicaraan dengan berbagai perusahaan TV untuk menghadirkan acara TV, film, dan seluruh saluran TV ke platformnya. 

Untuk saat ini, YouTube masih mengukur minat pemirsa. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, layanan milik Google tersebut dispekulasikan bakal meminta potongan 45 persen dari pendapatan iklan.

Menariknya, ini merupakan kesepakatan YouTube dengan pembuat konten juga. Dan jika layanan ini terealisasi, penonton dapat menonton saluran TV di negara mana pun secara gratis.

Layanan streaming TV ini menjadi salah satu cara beradopsi dan berkembang yang sedang dijajaki Youtube. Belum lama ini, mereka juga telah membuat kesepakatan dengan NFL Sunday Ticket yang akan menyiarkan kompetisi olahraga NFL di YouTube TV dan Saluran Primetime YouTube.

Youtube juga akan membagi pendapatan iklannya dengan para pembuat konten YouTube Shorts. Ini merupakan upaya untuk menarik minat kreator TikTok agar beralih dari platform besutan ByteDance tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper