Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Intip Fitur Keamanan Data Oppo yang Lindungi Konsumen dari Peretasan

Oppo telah mengembangkan sejumlah fitur perlindungan data dan masuk dalam pengembangan sistem operasi ColorOS berbasis Android. Berikut perinciannya:
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 Oktober 2022  |  21:17 WIB
Intip Fitur Keamanan Data Oppo yang Lindungi Konsumen dari Peretasan
Logo Oppo - oppo.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Oppo Indonesia menegaskan pihaknya sangat serius dalam memberikan perlindungan privasi data terhadap konsumen, terutama di tengah maraknya kasus pencurian data dan upaya peretasan smartphone.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, saat ini, ancaman peretasan smartphone makin berkembang menjadi sebuah masalah utama keamanan dan privasi pengguna.

"Saat ini, sudah banyak berbagai jenis cara dalam peretasan smartphone, mulai dari peretasan pada percakapan atau aplikasi pesan, informasi pembayaran, hingga peretasan pada data pribadi yang tersimpan di smartphone kita," katanya, Senin (24/10/2022).

Kendati sejauh ini belum ada keluhan konsumen terhadap keamanan data pada smartphone Oppo, Aryo mengimbau pengguna untuk selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas secara digital, terutama bila menggunakan ponsel.

Sebab, sambung dia, ketika pengguna menyimpan berbagai data sensitif di smartphone, peluang untuk mengeksploitasi kelemahan privasi juga jadi lebih besar.

"Oppo sangat serius dalam memberikan perlindungan privasi data terhadap konsumen. Sistem operasi kami seperti ColorOS 13 telah mendapatkan sertifikasi keamanan dan privasi standar industri dari ISO, ePrivacy, dan TrustArc yang merupakan organisasi terpercaya dalam perlindungan data," ujar Aryo.

Selain ColorOS 13, dia memerinci ada beberapa fitur perlindungan data yang sudah dikembangkan Oppo dan masuk dalam pengembangan sistem operasi ColorOS berbasis Android, antara lain:

1.Payment Protection

Saat berbelanja online atau melalukan transaksi perbankan, smartphone Oppo akan memberikan perlindungan tinggi untuk transaksi digital, seperti mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi itu sendiri.

2. Secure Keyboard

Secure keyboard akan muncul ketika pengguna memasukan username dan password untuk berbagai kegiatan termasuk perbankan. Secure keyboard akan mengaktifkan keyboard yang tidak terhubung dengan internet sehingga tidak mudah untuk ditracking atau dilacak, menjamin keamanan segala bentuk username dan password yang diketikkan.

3. Privacy Dashboard

Melalui privacy dashboard pengguna dapat mengelola keamanan privasi. Setiap menggunakan aplikasi, biasanya aplikasi tersebut memerlukan izin sistem pada smartphone agar dapat berfungsi secara normal. Privacy dashboard akan mencatat semua izin dari setiap aplikasi di smartphone dan membantu kamu untuk memeriksa dan mengelola izinnya.

4. Keamanan Mikrofon dan Kamera

Oppo meningkatkan keamanan untuk melindungi privasi pengguna agar tidak terlihat dan digunakan oleh orang lain tanpa izin. Indikator mikrofon dan kamera pada ColorOS adalah perlindungan privasi tinggi yang mencegah aplikasi untuk melihat atau mendengarkan tanpa persetujuan pengguna. 

5. Approximate Location Sharing

Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan privasi pengguna dengan tidak membagikan lokasi secara akurat pada aplikasi. Jadi, ketika sebuah aplikasi meminta izin lokasi, pengguna tidak perlu mengungkapkan lokasi persis.

6. Security Certification

Oppo meningkatkan kemampuan ColorOS untuk mengamankan smartphone dan data pengguna dengan memasangkan beberapa lapis perlindungan dan enkripsi setiap saat baik untuk foto, riwayat obrolan, kontak, dan semua data akan diamankan oleh teknologi keamanan terdepan di industri, seperti ePrivacy dan ISO27001.

"Berbagai teknologi dan fitur telah dikembangkan Oppo untuk memberikan kenyamanan penggunaan smartphone terutama dalam privasi dan keamanan," tutup Aryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

oppo smartphone keamanan data
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top