Menkominfo: Nonton Piala Dunia 2022 Qatar Makin Jernih Pakai STB

Rahmi Yati
Selasa, 18 Oktober 2022 | 15:34 WIB
La'eeb, maskot resmi Piala Dunia 2022/FIFA
La'eeb, maskot resmi Piala Dunia 2022/FIFA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak masyarakat ekonomi menengah ke atas untuk segera membeli perangkat set top box (STB), terutama yang ingin menyaksikan Piala Dunia 2022 dengan tayangan lebih jernih.

"Pada masyarakat menengah kita tentu harap segera melakukan atau memasang set top box kalau belum menjadi TV digital, apalagi sebentar lagi kan ada Piala Dunia, namanya nonton TV bisa menjadi lebih jernih dan canggih," katanya, Selasa (18/10/2022).

Adapun STB ini merupakan perangkat tambahan untuk menerima siaran digital bagi masyarakat yang masih menggunakan TV tabung. Perangkat ini dibutuhkan bila masyarakat ingin tetap menikmati siaran TV seiring dijalankannya program analog switch off (ASO) atau migrasi siaran TV analog ke digital.

Johnny menyebut, saat ini pihaknya bersama anggota Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) terus menggencarkan sosialisasi agar proses ASO dapat berjalan serempak dan maksimal.

"ASO merupakan amanat Undang-undang Cipta Kerja, yang di dalamnya termaktub di antaranya proses migrasi siaran analog ke digital," ujar Menkominfo.

Lebih lanjut dia menuturkan, dua pekan jelang batas waktu pelaksanaan ASO yakni 2 November 2022, sebanyak 400.000 unit STB gratis telah dibagikan kepada rumah tangga miskin di Jabodetabek.

Pembagian STB ini, imbuh dia, dilakukan oleh Kemenkominfo bersama dengan penyelenggara multipleksing, yaitu anggota ATVSI.

"Sedang mereka lakukan untuk Jabodetabek, dihitung sekitar 400.000 lebih dan sebagian lebih dari 90 persen sudah dilakukan oleh Kemenkominfo," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper