Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Universitas Indonesia (UI) Dominasi Kejuaraan Shell Eco-Marathon 2022

Sejumlah tim dari berbagai universitas di Indonesia berhasil menjuarai kompetisi Shell Eco-Marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, NTB.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 15 Oktober 2022  |  18:33 WIB
Universitas Indonesia (UI) Dominasi Kejuaraan Shell Eco-Marathon 2022
Tim mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) menjadi juara di salah satu kategori di Shell Eco-Marathon 2022. - Yustinus Andri/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, PRAYA – Tim mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) berhasil memborong gelar juara pertama di dua kategori dalam kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022 yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Shell Eco-Marathon merupakan kompetisi mahasiswa untuk menciptakan teknologi mobil hemat energi. Kompetisi yang berlangsung dari 11-15 Oktober 2022 ini menampilkan 47 tim dari sembilan negara yakni Indonesia, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Adapun, dua tim asal Universitas Indonesia yakni Tim Arjuna dan Tim Nakoela masing-masing berhasil merebut gelar juara pertama di kategori berbeda.

Tim Nakoela berhasil memenangkan gelar juara pertama di kategori jarak tempuh terbaik untuk kelompok Prototype. Tim Nakoela berhasil menempuh jarak 905,2 kilometer per liter (km/l), yang setara dengan jarak berkendara dari Lombok ke Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, Tim Arjuna merebut gelar juara pertama di kategori Urbanconcept sebagai kendaraan berbaterai listrik terbaik. Tim tersebut berhasil merakit kendaraan berbahan baku baterai listrik dengan capaian waktu 194,2 km/m3.

Selain UI, gelar juara juga diperoleh sejumlah tim dari berbagai universitas asal Indonesia. Mereka antara lain, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Di kelompok Prototype, Tim Semar Proto dari UGM berhasil meraih juara kategori baterai listrik. Selanjutnya Tim Apatte Elang Perkasa Tim 2 dari Universitas Brawijaya menjadi yang terbaik di kategori sel bahan bakar hidrogen.

Untuk kelompk UrbanConcept, rekor jarak tempuh terbaik untuk kategori mesin pembakaran dalam atau Internal Combustion Engine (ICE) adalah 544,2 km/l yang dicapai oleh Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.

Selain on-track, kompetisi juga dilakukan di kelas off-track yang memiliki penghargaan di lima kategori, antara lain keselamatan perjalanan, desain kendaraan untuk Prototype dan UrbanConcept, inovasi teknis, keselamatan dan penghargaan kategori Spirit of the Event. Para pemenang merupakan tim-tim dari Singapura, Filipina, India dan Indonesia.

Adapun, Shell Eco-marathon Indonesia 2022 tidak hanya memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk menunjukkan bakat mereka di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Kompetisi ini juga menantang para mahasiswa, untuk merancang dan mengembangkan kendaraan ultra hemat energi untuk mewujudkan mobilitas masa depan yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

“Para mahasiswa ini telah bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan solusi energi yang berkelanjutan dan lebih bersih untuk mengatasi tantangan energi yang kita hadapi saat ini,” ujar Norman Koch, Global General Manager Shell Eco-marathon Sabtu (15/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shell universitas indonesia Shell Eco Marathon ugm mandalika
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top