Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PeduliLindungi Lenyap dari Gojek, Grab, Hingga Shopee, Ada Apa?

PeduliLindungi sudah tidak ada lagi dalam beberapa aplikasi seperti Gojek, Grab, hingga Shopee.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 27 September 2022  |  08:21 WIB
PeduliLindungi Lenyap dari Gojek, Grab, Hingga Shopee, Ada Apa?
PeduliLindungi - Antara Foto/Zabur Kururu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fitur PeduliLindungi sudah tidak ada lagi dalam beberapa aplikasi seperti Gojek, Grab, hingga Shopee. Padahal, sebelumnya layanan yang digunakan untuk pelacakan dan penyebaran Covid-19 itu bisa diakses di aplikasi-aplikasi tersebut.

Berdasarkan pantauan Bisnis, Selasa (27/9/2022), fitur PeduliLindungi memang sudah tidak ditemukan lagi pada aplikasi Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Shopee, bahkan LinkAja, Livin' by Mandiri, dan Dana.

Artinya, masyarakat yang akan masuk ke fasilitas publik atau tempat umum seperti pusat perbelanjaan, transportasi, dan lainnya hanya bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang tersedia di Play Store maupun App Store. Apabila tidak ada, maka mau tidak mau harus mengunduhnya lebih dulu.

Sebagai informasi, layanan PeduliLindungi mulai ada dan bisa digunakan pada beberapa aplikasi swasta sejak September 2021. Hal ini jadi jawaban atas permasalahan masyarakat yang enggan atau kesulitan menginstal aplikasi PeduliLindungi di ponselnya.

Guna memudahkan masyarakat, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji mengaku pihaknya bekerja sama dengan sejumlah aplikasi swasta terutama yang banyak digunakan masyarakat seperti Gojek, Grab, hingga Shopee.

Setiaji menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan platform-platform digital tersebut sehingga masyarakat tidak harus mengunduh PeduliLindungi, tetapi tetap bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi lewat aplikasi tersebut.

"Ini menjawab kalau ada orang yang punya handphone terus aplikasi enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan ini," kata Setiaji dalam diskusi RCEE Working Group yang disiarkan lewat akun Youtube BNPB Indonesia, pada September 2021.

Saat itu, PeduliLindungi bisa ditemukan pada bagian depan halaman masing-masing aplikasi tersebut. Pengguna tinggal mengisi data yang dibutuhkan untuk mengaksesnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pedulilindungi Gojek grab indonesia shopee
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top