Shopee PHK Karyawan di Indonesia, Ini Profil Pemiliknya

Khadijah Shahnaz
Kamis, 22 September 2022 | 15:13 WIB
Shopee/Shopee
Shopee/Shopee
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee, startup e-commerce milik SEA Group, sedang ramai dibicarakan akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan di Indonesia pada Senin (19/9/2022). Siapakah pemiliknya?

Shopee diketahui didirikan oleh dua orang yaitu Chris Feng dan Forrest Li. Chris Feng saat ini menjadi Group President SEA Group dan Forrest Li sebagai Chairman dan Group CEO SEA Group.

Chris Feng merupakan lulusan dari National University of Singapore di bidang ilmu komputer atas beasiswa dari pemerintah Singapura, dia pun lulus sebagai lulusan terbaik di Universitasnya.

Setelah itu Chris melanjutkan pendidikannya di Amerika yakni di Stanford University dalam bidang management science and engineering.

Sebelum bekerja di Shopee, Chris Feng lama bekerja di perusahaan konsultan manajemen McKinsey di Frankfurt, Jerman selama 7 tahun. Dari McKinsey, Dia kemudian pindah bekerja di Rocket Internet, disana dirinya bekerja sebagai Direktur Pelaksana Regional Zalora untuk wilayah Asia Tenggara.

Chris juga sempat menjadi Chief Purchasing Officer Lazada Asia Tenggara selama 3 tahun. Setelah itu Dia bergabung dengan Garena, perusahaan SEA Ltd milik Forrest Li sebagai Head of Mobile Business Garena pada 2014.

Selang setahun, 2015 Chris Feng bersama Forrest Li kemudian mendirikan Marketplace Shopee.

Marketplace ini pun awalnya hanya beroperasi di Singapura. Tak lama kemudian, Chris Feng kemudian memperluas ekspansi Shopee ke beberapa negara asia tenggara seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Indonesia hingga ke Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper