GoTo Luncurkan Situs Pusat Informasi Terintegrasi untuk Permudah UMKM Kembangkan Usaha

Media Digital
Kamis, 25 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Foto: Dok. Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GoTo) meluncurkan situs Mitra Usaha GoTo, mitrausahagoto.com. Laman ini menjadi pusat informasi terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang, termasuk belasan juta mitra usaha pada ekosistem GoTo seperti pelaku usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Tersedianya informasi terintegrasi ini merupakan wujud sinergi ekosistem GoTo untuk memberi manfaat bagi semua pihak, termasuk lebih dari 15,1 juta mitra usaha GoTo dan pelaku usaha lainnya yang tertarik menjadi mitra usaha.

Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GoTo mengatakan bahwa kehadiran mitrausahagoto.com akan mempermudah pelaku UMKM untuk mengetahui seluruh informasi mengenai program dan inisiatitf GoTo

Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, GoTo berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi pelaku usaha agar dapat tumbuh bersama dengan bantuan teknologi digital. Situs web Mitra Usaha GoTo menjadi penegasan misi GoTo untuk terus membuka peluang bagi pelaku UMKM.

“Peluncuran situs web Mitra Usaha GoTo juga menandai dukungan kami terhadap Presidensi Indonesia G20 2022, di mana transformasi digital menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional.  Kami berharap kemudahan mendapat informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (23/8/2022). 

Situs web Mitra Usaha GoTo disebut menjadi pusat pengenalan layanan solusi bisnis komprehensif GoTo untuk para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya. Beberapa solusi bisnis yang ditawarkan antara lain: 

1. Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir.

2. Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS.

3. Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.

4. Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.

5. Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Pada web Mitra Usaha GoTo, UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG). 

Sebagai informasi, sejak pandemi Covid-19, terdapat lebih dari 4 juta mitra baru bergabung dalam ekosistem GoTo. Dengan memanfaatkan solusi bisnis GoTo, para mitra usaha bisa mencetak pertumbuhan transaksi bisnis dengan mendorong efisiensi operasional dan menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Data Tokopedia mencatat Kabupaten Pasangkayu (Sulawesi Barat), Pakpak Bharat (Sumatera Utara), Banggai Kepulauan (Sulawesi Tengah), Teluk Bintuni (Papua Barat) dan Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau) sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia selama setahun terakhir (Agustus 2021-Agustus 2022). 

Hal ini terlihat juga pada peningkatan pertumbuhan layanan teknologi finansial GoTo yang naik 91% pada kuartal I/2022. 

Talkah Badrus, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan bahwa selaras dengan semangat Presidensi Indonesia pada G20, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pasca pandemi.

Dengan peran penting untuk menggerakan sektor riil, UMKM harus bisa memanfaatkan peluang dari layanan GoTo ini sehingga dapat mengembangkan kapasitas dan keterampilan yang akhirnya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat.

“Masih dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, kami mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website Mitra Usaha GoTo ini,” katanya.

Seperti diketahui, usaha kolaboratif berbagai pihak sangat diperlukan untuk mendukung peran utama UMKM dalam pemulihan ekonomi. GoTo bersama 15,1 juta mitra usaha GoTo, dan 2,6 juta mitra pengemudi, serta lebih dari 59,3 juta pengguna bertransaksi secara tahunan telah membuka jalan bagi demokratisasi kegiatan ekonomi digital. 

Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia menambahkan bahwa UMKM adalah penyokong lebih dari 60% pendapatan negara sehingga tumbuh-kembangnya menjadi tanggung jawab bersama.

Website Mitra Usaha GoTo, katanya, lahir dari kolaborasi antar setiap platform di dalam ekosistem GoTo untuk membantu UMKM mendapatkan informasi, edukasi, dan inspirasi guna meningkatkan daya saing serta berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional. 

“UMKM lokal dari berbagai daerah di Indonesia juga akan lebih dipermudah untuk ikut serta dalam berbagai inisiatif yang mengusung pendekatan Hyperlocal melalui situs web Mitra Usaha GoTo,” jelasnya. 

Puput menuturkan untuk memaksimalkan dampak sosial yang diciptakan, GoTo telah berkolaborasi dengan pemerintah untuk berbagai program. Contohnya, mulai dari kelas pengembangan usaha untuk UMKM seperti GoTo UMKM Center dan Kelas Maju Digital, hingga inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) hasil kolaborasi dengan Kemenkop UKM RI untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). 

“UMKM dengan NIB terdaftar nanti bisa mendapat kemudahan pengembangan usaha diantaranya sertifikasi halal, akses peminjaman modal, program bantuan pemerintah, dan masih banyak lagi,” jelasnya. 

Novi Tandjung, Head of Merchant Platform GoTo Financial menambahkan situs web Mitra Usaha GoTo ini menjadi katalog digital dengan informasi bisnis lengkap untuk mendorong kemajuan bagi UMKM dan pelaku usaha melalui pemenuhan kebutuhan operasional, pemasaran bisnis dan peningkatan kapasitas usahanya.

“Kami berharap, kehadiran situs web Mitra Usaha GoTo dapat dijadikan one-stop solution untuk menjawab kebutuhan mitra usaha, baik sebagai direktori untuk mencari solusi teknologi yang tepat maupun tempat bagi mitra usaha meningkatkan kompetensi dan membangun jejaring sebagai pengusaha lewat program edukasi dan komunitas yang dihadirkan GoTo,” paparnya. 

William Christiansen, Pemilik Usaha Space Roastery dan perwakilan Mitra Usaha GoTo mengatakan bahwa solusi bisnis yang ditawarkan ekosistem GoTo sangat membantu Space Roastery baik dari sisi penjualan, operasional, program loyalitas, hingga pembayaran online. 

Space Roastery, katanya, dapat meningkatkan penjualan hingga 143 persen pada 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan itu diklaim tidak lepas dari peran solusi digital ekosistem GoTo.

“Kami berharap situs web Mitra Usaha GoTo ini dapat terus memudahkan pelaku usaha menemukan solusi digital yang tepat untuk kembangkan bisnisnya, serta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi antar pelaku usaha melalui kelas dan komunitas di ekosistem GoTo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper