Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata Laki-Laki Lebih Gemar Belanja Online! Ini Hasil Riset Kredivo

Hasil riset Kredivo menyebut bahwa laki-laki ternyata lebih gemar belanja online di e-commerce dibandingkan dengan perempuan.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  17:31 WIB
Ternyata Laki-Laki Lebih Gemar Belanja Online! Ini Hasil Riset Kredivo
ilustrasi belanja online lewat e-commerce - Freepik.com
Bagikan

Selain itu, lebih banyak konsumen laki-laki yang menyatakan bahwa pengeluaran belanja mereka meningkat selama Q1 2021 (32 persen di Walmart.com, dan 38 persen di Amazon), jika dibandingkan dengan konsumen perempuan (22 persen di Walmart.com, dan 22 persen di Amazon).

Dari sisi produk, konsumen laki-laki di Amerika Serikat juga mendominasi perempuan dalam peningkatan pembelian di kategori alat kebersihan dengan 40 persen laki-laki dan 33 persen perempuan, serta kategori vitamin dan suplemen diet, dengan 31 persen konsumen laki-laki dan 24 persen perempuan.

"Hal tersebut juga menandakan bahwa kebiasaan berbelanja online tidak terpaku pada gender dan tidak lagi identik dengan kaum hawa," jelas Indiana.

Lebih lanjut, selain laki-laki yang masih terus mendominasi transaksi di e-commerce, berikut beberapa temuan menarik lainnya terkait dengan perilaku belanja online berdasarkan gender dari riset Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia 2022.

Hasil Riset Belanja Online Laki-Laki vs Perempuan:

  • Perempuan membeli lebih banyak produk dalam sekali transaksi

Sepanjang 2021, konsumen perempuan membeli lebih banyak produk melalui e-commerce, dengan rata-rata pembelian 45 produk bila dibandingkan dengan konsumen laki-laki yang membeli rata-rata 42 produk per tahun.

  • Laki-laki mengeluarkan uang lebih banyak dalam setiap transaksi

Saat melakukan transaksi, konsumen laki-laki mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih besar daripada konsumen perempuan. Rata-rata jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen laki-laki berada pada Rp320.982 dan rata-rata konsumen perempuan di Rp289.163.

  • Perempuan lebih loyal terhadap 1 platform e-commerce

Sebanyak 57 persen konsumen perempuan cenderung memilih untuk berbelanja melalui 1 platform e-commerce, sedangkan konsumen laki-laki cenderung berimbang atau lebih dari 1 dalam memilih platform e-commerce.

  • Preferensi konsumen terhadap kategori produk yang dipengaruhi oleh gender

Berdasarkan preferensinya, konsumen laki-laki melakukan transaksi hampir dua kali lebih banyak untuk kategori otomotif dan elektronik, sementara perempuan lebih banyak untuk kebutuhan makanan, kesehatan dan kecantikan, serta fashion.

  • Kategori produk favorit berdasarkan jumlah transaksi antara laki-laki vs perempuan

Untuk konsumen laki-laki kategori produk pulsa dan voucher menduduki posisi pertama, diikuti oleh fashion dan aksesorisnya, dilanjutkan oleh kesehatan dan kecantikan. Sedangkan untuk konsumen perempuan, produk fashion dan aksesoris berada di posisi pertama, kemudian produk pulsa dan voucher, serta produk kesehatan dan kecantikan.

  • Perempuan mengeluarkan uang lebih banyak untuk kategori produk komputer dan gadget

Konsumen perempuan menghabiskan sekitar Rp2.892.039 untuk kategori produk komputer, gadget dan aksesorisnya. Sedangkan konsumen laki-laki menghabiskan sekitar Rp2.108.342 untuk kategori produk yang sama.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online e-commerce kredivo
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top