Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gonjang-ganjing Bisnis Shopee, dari Asia Tenggara sampai Spanyol

Startup e-commerce asal Singapura Shopee dikabarkan melakukan rasionalisasi bisnis, mulai dari pemutusan hubungan kerja (PHK) di Asia Tenggara hingga penutupan bisnis di Spanyol.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 14 Juni 2022  |  13:50 WIB
Gonjang-ganjing Bisnis Shopee, dari Asia Tenggara sampai Spanyol
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee - India Times

Bisnis.com, JAKARTA – Startup e-commerce asal Singapura Shopee dikabarkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk merasionalisasi bisnis miliknya, termasuk di Asia Tenggara dan Spanyol. 

Berdasarkan cuitan dari @ecommurz, akun yang pertama kali memberitakan adanya PHK di Sea Group, perusahaan induk Shopee ini mengatakan Shopee melakukan PHK di Thailand dan Vietnam. Khusus di Thailand, pemangkasan karyawan terjadi hampir separuh dari ShopeeFood.

Dilansir dari Dealstreet, Senin (13/5/2022), PHK ini pun dilakukan melalui email oleh perusahaan. Adapun karyawan yang terdampak berada dalam divisi Shopeepay dan ShopeeFood.

Namun, berdasarkan akun yang sama, Indonesia dilaporkan tidak terdampak langkah PHK tersebut. Bisnis mencoba menghubungi Shopee Indonesia, tetapi hingga berita ini ditulis belum ada tanggapan terkait kabar tersebut. 

Kabar paling baru, Shopee juga disebutkan segera menarik bisnisnya dari Spanyol. Padahal, Shopee baru masuk pasar Spanyol pada Oktober 2021. 

Berdasarkan situs analitik App Annie, Shopee Spanyol bahkan sempat menjadi aplikasi belanja daring paling favorit per 19 Oktober 2021. Di Spanyol, Shopee mampu mengalahkan rival global lainnya antara lain Amazon, AliExpress, dan Shein.

Gonjang-ganjing bisnis Shopee di beberapa pasar internasional juga merembet ke India. Shopee sebelumnya sudah menutup operasinya di India dan memberhentikan lebih dari 300 pekerja di negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce phk StartUp shopee ShopeePay ShopeeFood
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top