Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Raih Pendanan Seri B Rp396 Miliar, Ini Rencana Ekspansi SwipeRx

Startup apotek SwipeRx mengumumkan pendanaan seri B sebesar US$27 juta  atau senilai Rp396 miliar dalam bentuk ekuitas dan pinjaman. 
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 26 Mei 2022  |  14:42 WIB
SwipeRX Team Indonesia / Dok. SwipreRX
SwipeRX Team Indonesia / Dok. SwipreRX

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan atau startup apotek, SwipeRx yang sebelumnya dikenal sebagai mClinica Pharmacy Solutions, mengumumkan pendanaan seri B sebesar US$27 juta  atau senilai Rp396 miliar dalam bentuk ekuitas dan pinjaman. 

Pendanaan tersebut dipimpin oleh MDI Ventures, dengan partisipasi dari investor global seperti Bill & Melinda Gates Foundation, Johnson & Johnson Impact Ventures, Susquehanna International Group (SIG) dan investor-investor terdahulu.

Founder dan CEO SwipeRx Farouk Meralli mengatakan dana segar ini akan digunakan untuk mengakselerasi pertumbuhan perusahaan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini baru saja melakukan rebranding dengan mengubah nama dari mClinica Pharmacy Solutions menjadi SwipeRx, aplikasi utama perusahaan. 

"Pendanaan kali ini menguatkan komitmen kami untuk mendisrupsi dan mendukung sektor farmasi yang sangat tersegmentasi agar dapat meningkatkan layanan kesehatan publik. Kami sangat gembira dapat menjadi pemimpin di pasar Asia Tenggara sebagai platform yang membantu transformasi dan digitalisasi industri farmasi," ujar Farouk dalam keterangan resmi pada Kamis (26/5/2022)

Farouk menambahkan dengan adanya tim yang baik di Indonesia, Filipina, Vietnam, Malaysia, Thailand dan Kamboja, SwipeRx berencana menambah dan meningkatkan jaringan apotek untuk menjadi anggotanya, memperluas layanan logistik kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pasar Business-to-Business (B2B), mengakselerasi inovasi teknologi dan mencari talenta baru di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Hingga saat ini, SwipeRx telah merekrut lebih dari 235.000 apoteker profesional dan bermitra dengan 45.000 apotek di Asia Tenggara untuk menyediakan solusi digital terbaik agar pengguna dapat meningkatkan kapasitas manajemen apotek sehingga dapat melayani pasien dengan lebih baik.

SwipeRx juga bermitra dengan perusahaan farmasi multinasional, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam membangun ekosistem farmasi yang komprehensif.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja mengatakan SwipeRx memilikipotensi besar untuk dapat menjawab tantangan di industri farmasi dengan menghubungkan berbagai pengusaha/pemilik apotek dalam satu platform.

"Perusahaan farmasi dapat memanfaatkan sistem pembelian ritel, kapasitas logistik bertaraf nasional, opsi pembiayaan usaha, dan platform B2B yang terintegrasi sebagai keunggulan layanan SwipeRx," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi modal ventura pendanaan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top