Pertemuan Jokowi dan Elon Musk Bisa Percepat Proyek Satelt LEO

Rahmi Yati
Selasa, 17 Mei 2022 | 13:37 WIB
Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022)/BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022)/BPMI Setpres/Laily Rachev.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berharap pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Elon Musk baru-baru ini dapat mempercepat proses penyelenggaraan layanan satelit Starlink Low Earth Orbit (LEO).

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi mengatakan melalui pertemuan Jokowi dengan bos SpaceX tersebut, terdapat peluang untuk mendiskusikan tata cara penyelenggaraan layanan satelit di Indonesia yang lebih efektif untuk mempermudah penyediaan layanan satelit guna menunjang konektivitas broadband.

"Hal ini dapat turut mempercepat proses penyelenggaraan layanan satelit Starlink Low Earth Orbit yang masih dalam tahap penyesuaian untuk memenuhi regulasi yang berlaku," katanya, Senin (16/5/2022).

Bukan itu saja, Kemenkominfo, sambung dia, juga melihat potensi peningkatan konektivitas, secara khusus terkait teknologi satelit melalui kerja sama dengan SpaceX yang dapat mendorong pembangunan infrastruktur peluncuran roket untuk menempatkan satelit di luar angkasa.

Saat ini, Dedy mengungkapkan proses tersebut masih dalam tahap perencanaan mengingat salah satu keunggulan Indonesia adalah letak geografisnya yang dekat dengan equator, sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas peluncuran.

Senada, Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan satelit orbit bumi rendah atau Low Earth Orbit (LEO) jadi salah satu teknologi yang dapat dikembangkan Indonesia lewat kerja sama dengan Elon Musk.

"Satelit LEO dan Ground Station, termasuk stasiun kendali dan penelitian roket dan tempa peluncuran SpaceX bisa dilakukan," tutur Ian.

Menurutnya, satelit LEO jadi bagian dari satelit yang punya landing right di Indonesia. Namun tantangannya, adalah bagaimana bisnis model yang dilakukan dapat menguntungkan bagi Indonesia.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Jokowi akhirnya bertemu dengan Founder SpaceX dan Tesla Elon Musk. Pertemuan tersebut berlangsung di pabrik SpaceX yang berlokasi di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/05/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berdiskusi dan meninjau pabrik produksi roket SpaceX bersama Elon Musk. Jokowi dan rombongan delegasi Indonesia tiba di Gedung Stargate SpaceX pada Sabtu (14/5/2022) sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara langsung dengan Elon Musk mengenai investasi, teknologi, dan inovasi.

"Sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon Musk untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ucap Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper