Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebaran 2022, Indosat Ooredoo Hutchison Catat Kenaikan Trafik Data Tertinggi 27 Persen

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27 persen jelang Lebaran 2022.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 Mei 2022  |  11:42 WIB
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27 persen jelang Lebaran 2022 tepatnya pada 29 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan sekitar 97 persen di antaranya dapat terlayani di jaringan 4G.

Sementara pada masa libur Lebaran, Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13 persen dibandingkan dengan hari normal.

"Kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Sabtu (7/5/2022).

Vikram menyebut Lebaran 2022 menjadi momentum perusahaan untuk mempercepat proses integrasi jaringan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi.

Ditunjang dengan data statistik pada masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, dia mengeklaim IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi.

"Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, di antaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare," tambah Vikram.

Bukan itu saja, menurut dia, pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh Indosat Ooredoo Hutchison melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak 2020 lalu.

Vikram memerinci, tercatat, pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25 persen, media sosial naik 15 persen, messaging dan video call naik 43 persen, serta streaming video dan musik naik 19 persen dibandingkan dengan hari normal dan Lebaran tahun lalu.

"YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih jadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat 4g lebaran
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top