Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebaran 2022, Ini Upaya XL Axiata (EXCL) Perkuat Jaringan di Jalur Mudik

XL Axiata memperkuat jaringan di jalur mudik utama pada Lebaran 2022.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  19:11 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperkuat dan meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dari hari normal di sejumlah provinsi utama di Tanah Air, khususnya yang merupakan jalur mudik Lebaran 2022.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan selain menyiapkan tim jaringan baik di pusat monitoring Customer Experience and Service Operation Center (CESOC) di XL Axiata Tower maupun di lapangan, mereka juga berjaga selama 24 jam sehari hingga masa liburan berakhir.

"Sebanyak lebih dari 50 unit mobile Base Transceiver Station [BTS] juga telah kami kerahkan untuk memperkuat jaringan di sejumlah titik krusial," katanya dalam siaran pers, dikutip Selasa (3/5/2022).

Gede menyebut, eforia masyarakat untuk bisa merayakan Lebaran di kampung halaman tahun ini akan sangat memengaruhi kenaikan trafik penggunaan layanan data dan telekomunikasi. Apalagi, masyarakat tidak bisa merayakan mudik selama dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Dia menegaskan, meskipun Jawa menjadi fokus utama penguatan jaringan, tetapi wilayah di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok juga mendapatkan perhatian XL Axiata.

"Apalagi, jalur transportasi darat di Sumatra juga semakin baik dengan keberadaan beberapa ruas tol baru yang memudahkan arus mudik ke berbagai provinsi. Untuk memastikan kesiapan jaringan di luar Jawa, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan juga mencakup di provinsi-provinsi utama," sebutnya.

Lebih lanjut dia memerinci, penguatan jaringan juga dilakukan di sejumlah daerah yang diprediksi mengalami peningkatan trafik, di antaranya Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Medan, Bali, Yogyakarta dan sebagainya.

Secara umum dalam kurun waktu sepekan periode arus mudik, sambung Gede, terpantau adanya peningkatan trafik yang cukup signifikan bahkan mencapai 10-30 persen dibanding hari normal.

"XL Axiata juga memperhitungkan kemungkinan peningkatan trafik yang terpacu oleh perkembangan teknologi. Setiap tahun tentunya teknologi semakin maju, yang diterapkan oleh smartphone dan gadget terbaru. Semakin canggih gadget, semakin banyak fitur dengan kemampuan yang semakin baik, yang membuat nyaman pengguna, dan pada akhirnya meningkatkan penggunaan data," imbuh dia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata lebaran xl axiata tbk jalur mudik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top