Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Planet Diurutkan dari Matahari: Nama-Nama Planet di Tata Surya

Merkurius paling dekat dengan Matahari, sedangkan Neptunus adalah planet yang terjauh. Simak susunan planet di tata surya.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 19 April 2022  |  20:02 WIB
Matahari menjadi pusat tata surya dan dikelilingi oleh planet
Matahari menjadi pusat tata surya dan dikelilingi oleh planet

Bisnis.com, JAKARTA - Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri dari sebuah bintang dan objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Mulai dari delapan planet, 146 bulan, sekumpulan komet, asteroid dan batuan luar angkasa, es, dan beberapa planet kerdil, seperti Pluto. 

Kedelapan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Merkurius paling dekat dengan Matahari, sedangkan Neptunus adalah planet yang terjauh.

Planet, asteroid, dan komet mengorbit Matahari. Mereka mengelilingi Matahari dalam lingkaran datar yang disebut elips. Sementara itu, Bulan mengorbit planet. 

Saat ini, Jupiter memiliki bulan yang paling banyak dinamai—50. Merkurius dan Venus tidak memiliki bulan, sedangkan Bumi memiliki satu. Ini adalah objek paling terang di langit malam. Matahari adalah objek paling terang di langit siang hari dan menerangi bulan, planet, komet, dan asteroid.

Planet merupakan benda langit yang berputar mengelilingi matahari sebagai akibat dari gaya gravitasi. Mereka tidak memiliki cahaya sendiri, sehingga semuanya berputar mengelilingi matahari untuk memantulkan cahaya dan panas darinya.

Daftar 8 Planet Berdasarkan Urutan dari Matahari:

1. Merkurius

Merkurius adalah planet pertama, terkecil, dan terpanas di tata surya. Ini adalah yang terdekat dengan matahari yang memiliki jarak rata-rata 58 km dan diameter 4.850 km. Suhunya bisa naik hingga 800 0F (430 0C) di siang hari, dan bisa menjadi sedingin -280 0F (175 0C) di malam hari.

Dibutuhkan 88 hari bagi merkuri untuk berputar mengelilingi matahari satu kali, yang menjadikannya satu tahun untuk Merkurius. Namun, dibutuhkan 58 hari, 17 jam bagi merkuri untuk berputar di sekitar porosnya sendiri. Merkurius sangat dekat dengan matahari, itu sebabnya ia memiliki suhu yang sangat tinggi. Karena kedekatannya dengan matahari, logam seperti seng atau timbal larut menjadi uap pada suhu tersebut.

Merkurius tidak memiliki satelit sendiri, tidak ada atmosfer, tidak ada awan, hujan, angin, atau air dan karenanya kehidupan tidak ada di planet ini. Ini memiliki bukit yang tak terhitung banyaknya dan dataran, tebing, dan lembah seperti Bumi dan permukaan Merkurius ditutupi dengan kawah.

2. Venus

Venus adalah planet terdekat kedua dengan matahari dan terdekat dengan bumi. Venus tidak menampung makhluk hidup karena ia merupakan planet yang terpanas di tata surya. Namun, ini mirip dengan Bumi dalam hal ukuran, berat, dan kepadatan. Oleh karena itu, kerap kali Venus disebut kembaran Bumi. Planet Venus tidak memiliki satelit sendiri tetapi bersinar di langit seperti bintang yang membuat sebagian besar orang menyebutnya sebagai bintang.

Venus tersembunyi di bawah awan tebal. Awan padat di Venus mengandung asam sulfat sehingga curah hujan biasanya hujan asam. Secara alami, matahari tidak pernah terlihat dari permukaan Venus, dan jaraknya dari matahari adalah 108.208.930 km. Ada sedikit perbedaan cahaya antara siang dan malam di Venus.

Diameter Venus adalah 12.104 km dan membutuhkan waktu 225 hari untuk mengelilingi matahari. Venus berputar pada porosnya dalam waktu yang lama. Matahari terbit dua kali dan terbenam dua kali di langit Venus. Menurut gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Amerika, Venus adalah planet gersang dengan pegunungan, lembah, dan gunung berapi.

3. Bumi

Bumi adalah planet terdekat ketiga dengan matahari tetapi tidak sepanas Venus. Jaraknya rata-rata 150.800.000 km dari matahari. Diameternya hampir 12.667 km. Bumi membutuhkan waktu 23 jam 56 menit dan 4 detik untuk berputar pada porosnya sendiri dan membutuhkan 365 hari 5 jam 48 menit 47 detik untuk mengelilingi matahari satu kali. Oleh karena itu, satu tahun sama dengan 365 hari.

Menjadi satu-satunya satelit alami bumi, bulan berputar mengelilingi bumi setiap 27 hari sekali. Namun, jarak Bumi dari bulan adalah 384.629 km. Bumi adalah satu-satunya planet yang di atmosfernya terdapat oksigen, nitrogen, karbon dioksida, dan suhu yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia, tumbuhan, dan hewan. Oleh karena itu, bumi dianggap sebagai planet terpenting dalam tata surya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

matahari planet mars planet
Editor : Novita Sari Simamora

Terpopuler

Banner E-paper
To top