Jelang Ramadan, Telkomsel Perkuat 500 Titik Jaringan Broadband

Rahmi Yati
Jumat, 1 April 2022 | 09:24 WIB
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel terus memastikan seluruh jaringan broadband yang telah dipersiapkan dapat berjalan prima dan ketersediaan seluruh produk dan layanan tetap terjaga selama momen Ramadan dan Lebaran 2022.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan secara keseluruhan, proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Adapun dia memerinci, wilayah yang dimaksud mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

"Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (31/3/2022).

Secara proaktif, ujar Hendri, Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 155 unit Base Transceiver Station (BTS) 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) seluruh wilayah POI, melengkapi total lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE dan menjangkau 96 persen wilayah populasi di Indonesia.

Dia menyebut, hingga Maret 2022, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga telah merampungkan pembangunan sekitar 2.750 BTS Universal Service Obligation (USO) berteknologi 4G/LTE dari target pembangunan 7.772 sepanjang tahun ini.

"Di samping itu, Telkomsel turut menambah kapasitas sekitar 932 Gbps untuk GGSN [Gateway GPRS Support Node] sehingga total kapasitas menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps," terang Hendri.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Nugroho menuturkan bahwa mulai Maret 2022, perusahaan telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun.

Prosesnya, sambung Nugroho, telah dilakukan secara bertahap guna memastikan masyarakat dapat beraktivitas secara digital, terutama menyambut momen Ramadan dan Idulfitri untuk kebutuhan silaturahmi, berbagi kebaikan, hingga kegiatan ibadah secara optimal dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terkini dari Telkomsel.

"Selain itu, untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone,” tutupnya.

Sebagai informasi, Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen Ramadan dan Lebaran 2022 jika dibandingkan dengan hari normal.

Trafik layanan data/broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4 persen serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3 persen dan SMS tumbuh sekira 4,1 persen.

Sedangkan untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan akan meningkat, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekitar 7,5 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3 persen, layanan streaming video meningkat sekitar 15,3 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9 persen, akses browsing naik 17,8 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekitar 18,4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper