Pasar Smartphone Jelang Lebaran, Kamera dan Daya Tahan Baterai jadi Incaran

Rahmi Yati
Sabtu, 26 Maret 2022 | 08:44 WIB
Ilustrasi - iPhone 13 Pro Max. /GSM Arena
Ilustrasi - iPhone 13 Pro Max. /GSM Arena
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pengamat gawai dari komunitas Gadtorade Lucky Sebastian menyebut kamera dan daya tahan baterai menjadi fokus utama masyarakat yang ingin membeli smartphone baru saat akan merayakan momen Ramadan atau Lebaran.

Menurutnya, momentum Ramadan dan Lebaran menjadi salah satu periode masyarakat akan memburu hal-hal baru termasuk gadget. Biasanya, calon pengguna akan memiliki uang lebih karena mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) atau keuntungan lebih dari usahanya.

"Momen Hari Raya dengan berkumpul dan berjalan-jalan biasanya menuntut pembeli mencari smartphone yang bagus dari sisi kamera dan daya tahan baterai," kata Lucky, Jumat (25/3/2022).

Melihat Ramadan dan Lebaran jadi salah satu peak season bagi industri, dia mengaku tak heran bila saat ini sudah banyak vendor-vendor yang mengeluarkan atau baru akan merilis beragam tipe smartphone baru untuk menggenjot kinerja.

Tahun lalu, sambung Lucky, smartphone yang paling diminati berada di kisaran harga kurang dari Rp3 juta. Penjualan tertinggi biasanya tercatat pada ponsel dengan kisaran Rp1 jutaan-Rp2 jutaan sepekan menjelang Lebaran.

"Saat ini menjelang Ramadan, vendor biasanya akan merilis smartphone dengan kategori harga terjangkau hingga mid-range. Marketing biasanya dilakukan lebih masif dari awal sebelum puasa dimulai, kemudian semakin tinggi saat mendekati Hari Raya," tambahnya.

Dia melanjutkan, adanya bonus dari pembelian smartphone seperti potongan harga atau aksesori biasanya akan lebih menarik pembeli. Reputasi smartphone juga perlu dibangun di periode ini dengan review, endorse seleb, dan lainnya yang bisa memperlihatkan kelebihan smartphone tersebut.

"Setiap brand punya cara masing-masing untuk memasarkan unitnya dan menyasar kategori target pasar. Ada yang mengedepankan harga, spesifikasi, kelengkapan fitur dan lainnya," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper