Ini Syarat Supaya Ponsel 5G Makin Diminati, ICT: Harus Lebih Murah

Rahmi Yati
Selasa, 15 Maret 2022 | 21:32 WIB
OPPO Reno7 series 5G dan Watch Free./Antara
OPPO Reno7 series 5G dan Watch Free./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menyarankan harga penjualan ponsel 5G di Indonesia harus lebih murah dan terjangkau agar penjualannya bisa meroket.

Menurutnya, meski masih dalam tahap pengenalan dan perluasan jangkauan oleh operator, penggunaan ponsel 5G sudah mulai menarik minat masyarakat. Tetapi memang masih perlu waktu untuk bisa lebih banyak digunakan.

"Sekarang sudah banyak dijual dan dibeli ponsel 5G, namun harga memang masih relatif mahal. Perlu ada upaya agar ponsel lebih murah dan terjangkau agar 5G bisa lebih meroket," katanya, Selasa (15/3/2022).

Kendati begitu, menurut dia masyarakat yang baru menggunakan perangkat 5G adalah mereka yang rumah atau kantornya sudah ada jaringan 5G atau sudah bersiap mengantisipasi bilamana infrastruktur 5G hadir secara merata.

"Kan meskipun belum ada 5G tetap bisa pakai 4G misalnya," imbuh Heru.

Sementara itu, Oppo yang beberapa waktu lalu resmi meluncurkan Reno 7 series di Indonesia, yakni Reno 7 5G dan Reno 7 Z 5G, mengatakan pemesanannya naik 41 persen jika dibandingkan dengan Reno6 5G yang meluncur tahun lalu.

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto mengatakan minat masyarakat Indonesia terhadap teknologi 5G tergolong sangat tinggi meskipun masih ada kendala infrastruktur dan ketersediaan pita frekuensi untuk menggelar layanan 5G tersebut.

"Penjualan Reno6 5G naik 73 persen dibandingkan dengan Reno5 5G di 2021. Sementara pada masa pemesanan Reno7 5G naik 41 persen jika dibandingkan dengan Reno6 5G," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper