Pengguna Telkomsel Bisa Pakai 5G di Bandara Soekarno-Hatta

Rahmi Yati
Selasa, 15 Maret 2022 | 10:53 WIB
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menjalin kolaborasi bersama PT Angkasa Pura II untuk memperluas dan memperkuat pemanfaatan jaringan serta layanan 5G di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan bandara ini merupakan salah satu objek vital negara, terutama sebagai titik masuk dan keberangkatan bagi turis mancanegara hingga delegasi dari berbagai negara yang berkunjung ke Indonesia.

"Dengan begitu, fasilitas yang ditampilkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi representasi Indonesia bagi dunia," ujarnya dalam siaran pers, Senin (14/3/2022).

Menurut Sigit, hadirnya teknologi jaringan telekomunikasi generasi kelima ini juga menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dan PT Angkasa Pura II dalam mendukung persiapan sejumlah kegiatan berskala internasional, seperti G20 yang akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.

Bukan itu saja, sambung dia, melalui kolaborasi ini, Telkomsel berupaya membuka kesempatan bagi seluruh delegasi dari peserta G20 maupun para penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk merasakan langsung the best 5G experience, yang dapat meningkatkan pengalaman aktivitas digital selama berada di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Penerapan jaringan Telkomsel 5G akan dilakukan secara bertahap di sejumlah area utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II," terang dia.

Lebih lanjut Sigit menambahkan, Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman akses layanan 5G yang setara bagi seluruh penumpang dengan menghadirkan showcase Telkomsel Orbit 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dengan mengakses Telkomsel Orbit 5G, dia menyebut para penumpang yang belum memiliki device maupun kartu yang mendukung jaringan 5G akan tetap bisa merasakan kecepatan konektivitas Telkomsel 5G dengan maksimal.

"Penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di lingkungan Bandara International Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan akses Telkomsel 5G membuat Bandara Soekarno-Hatta mampu menghadirkan digital experience terbaik bagi traveler.

Melalui kolaborasi AP II dan Telkomsel, dia menuturkan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara pertama di Indonesia yang menghadirkan akses 5G bagi traveler guna memberikan digital experience terbaik dan mendukung seamless journey experience, serta meningkatkan standar layanan di Bandara Soekarno-Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper