Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

iPhone SE 2022 Pakai Desain Lama, Apa Masih Layak Dibeli?

iPhone SE 2022 yang baru saja diluncurkan itu dikeluhkan banyak orang karena mengusung desain dan pilihan warna yang sama seperti iPhone SE 2020.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 10 Maret 2022  |  09:03 WIB
iPhone SE 2022 Pakai Desain Lama, Apa Masih Layak Dibeli?
iPhone SE 2022 - Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – iPhone SE 2022 yang baru saja diluncurkan menjadi perbincangan di jagat maya. Generasi ketiga dari iPhone murah produksi Apple itu diolok-olok banyak orang lantaran masih mengusung desain dan pilihan warna yang sama persis seperti pendahulunya, iPhone SE 2020.

Padahal, iPhone SE 2020 juga mengadopsi desain sama seperti iPhone 8 yang dirilis lima tahun silam. Perbedaannya hanya terletak pada posisi logo Apple yang bergeser ke bagian tengah.

Selebihnya? Tidak ada perbedaan, demikian halnya dengan pilihan warna yang ditawarkan, hanya ada tiga warna, yaitu hitam, merah, dan putih. Pilihan warna yang juga sama dengan iPhone 8 minus warna emas dengan layar berbezel putih.

Karena itu, tak heran jika banyak orang yang memberikan komentar miring kepada iPhone SE 2022. Selain desain, fitur-fitur yang ditawarkan juga tak ada perubahan signifikan.

Kamera yang digunakan masih sama baik depan maupun belakangnya. Sistem keamanannya juga masih mengadopsi Touch ID atau pemindai sidik jari, alih-alih pemindai layar FaceID.

Layarnya yang berukuran 4,7 inci juga masih menggunakan panel in plane switching (IPS) yang lagi-lagi sudah usang. Kapasitas baterainya kemungkinn besar juga tak mengalami peningkatan, sama seperti iPhone 8 dan iPhone SE 2020 1.821 mAh.

Vice President of Worldwide iPhone Product Marketing Apple Kaiann Drance dalam acara peluncuran yang digelar secara virtual pada Rabu (9/3/2022), menyebut iPhone SE 2022 mengalami peningkatan kemampuan yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, terutama pada kameranya.

"Tahun ini, kami telah membuat iPhone SE yang paling kuat dan tahan lama, dengan masa pakai baterai yang lebih baik berkat A15 Bionic, chip yang sama dengan jajaran iPhone 13 dan fitur kamera canggih seperti Smart HDR 4, Photographic Styles, dan Deep Fusion, " katanya.

Selain itu, iPhone SE 2022 juga menjadi jajaran iPhone SE yang mendukung jaringan 5G. Ponsel tersebut juga menjadi iPhone termurah yang mendukung jaringan telekomunikasi tercepat saat ini.

iPhone SE 2022 dijual dengan harga mulai dari US$429 atau sekitar Rp6,2 juta jika dirupiahkan. Kapasitas penyimpanan terendahnya adalah 64 gigabyte, alih-alih 128 gigabyte seperti jajaran iPhone 13.

Harganya tentu saja terbilang murah untuk sebuah iPhone, terlebih perangkat tersebut sudah mendukung jaringan 5G. Ponsel tersebut juga dipastikan mendapatkan dukungan pembaruan perangkat lunak sampai dengan 2027 mendatang.

Pengamat gadget dari Komunitas Gadtorade Lucky Sebastian menilai iPhone SE 2022 merupakan opsi menarik untuk mereka yang ingin mencoba ekosistem Apple tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Walaupun mendapatkan cemoohan, dirinya yakin produk tersebut diterima oleh di pasar dengan baik.

"Menarik sebenarnya, kalau memang mau masuk ke ekosistem Apple. Harganya murah untuk sebuah iPhone dan sudah 5G juga. Tetapi tentu saja, pengsa pasarnya tidak begitu besar mengingat layarnya kecil untuk ukuran saat ini," katanya ketika dihubungi oleh Bisnis pada Rabu (9/3/2022).

Menurut Lucky, sampai saat ini sebenarnya masih ada orang yang mencari ponsel berukuran kompak yang dapat dioperasikan menggunakan satu tangan. Mereka sudah tentu paham dengan konsekuensinya, termasuk daya tahan baterai yang tak begitu baik lantaran kapasitasnya harus "disunat".

Bicara soal performa iPhone SE 2022, di atas kertas tentu saja mengalami peningkatan signifikan. Sebab, ponsel tersebut diotaki oleh cip terbaru yang juga digunakan oleh seri iPhone 13 dengan segala kelebihannya.

"Kalau untuk [ketahanan] baterainya dan kamera tentu saja harus kita coba secara langsung ya baru bisa tahu dan kita nilai. Tetapi di atas kertas ya jelas ini mengalami peningkatan. Buat yang mencari performa bisa jadi pilihan," tuturnya.

Kemudian untuk desainnya yang usang, Lucky menyebut itu merupakan upaya Apple untuk menekan harga. Sebab, mengembangkan desain terbaru bukan perkara mudah dan membutuhkan biaya sangat besar.

"Biaya untuk risetnya itu besar. Untuk menempatkan sistem pendingin, baterai, dan komponen-komponen lainnya itu besar. Cara ini bisa menekan harga walaupun konsekuensinya ya seperti ketinggalan zaman," ungkapnya.

Nah, apakah Anda berminat untuk menjadi pemilik iPhone yang desainnya usang ini? Jika kalian mempertimbangkan iPhone berperforma tinggi dengan harga miring mungkin iPhone SE 2022 layak jadi pilihan.

Namun, Anda harus siap apabila diolok-olok lantaran dianggap menggunakan ponsel lawas yang ketinggalan zaman. Jika itu tak jadi soal, ditunggu saja iPhone SE 2022 dijual secara resmi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget apple iphone
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top