Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata (EXCL) Jaga Internet Tetap 'Ngebut' Meski Pelanggan Prabayar Susut

XL Axiata tetap menjaga layanan internet tetap 'ngebut' meski jumlah pelanggan prabayar susut.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  06:15 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memastikan tetap menjaga kualitas layanan demi menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan meningkatkan kecepatan internet atau layanan data yang disediakan.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perusahaan terus berupaya menyediakan pengalaman pelanggan yang lebih baik kendati jumlah pelanggan prabayar susut sebanyak 150.000 pelanggan pada 2021.

"Sepanjang tahun lalu, XL Axiata telah melakukan berbagai upaya di antaranya peningkatan/penambahan kapasitas akses berupa fiberisasi terhadap lebih dari 5.600 lokasi base transceiver station [BTS] dan juga peningkatan kapasitas core layanan data hingga sekitar 1.300 Gbps, penambahan coverage di wilayah-wilayah yang sebelumnya masih didukung oleh BTS di wilayah sekitarnya, dan sebagainya," ujar Ayu, Selasa (22/2/2022).

Sementara dari sisi harga, lanjutnya, XL Axiata menyediakan beragam pilihan paket layanan dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Menurut Ayu, memberikan atau menyediakan pengalaman yang lebih baik ini juga ditujukan untuk meningkatkan pelanggan.

Dengan terus menjaga pengalaman pelanggan tersebut, dia berharap target pelanggan XL Axiata hingga akhir 2022 masih ada peningkatan. Yang lebih penting, adalah mendorong peningkatan pendapatan dan profitabilitas bisnis layanan data termasuk meraih pelanggan data yang berkualitas/produktif.

"XL Axita telah membelanjakan capex yang lebih besar di 2021 untuk meningkatkan kualitas jaringan serta meningkatkan digitalisasi guna menghadirkan customer experience yang terbaik. Hal ini juga terbukti bahwa penggunaan aplikasi myXL & AXISnet mengalami peningkatan 3,5x dalam pengguna aktif bulanan sejak awal pandemi," imbuhnya.

Ayu menambahkan, bagi perusahaan, seluruh pelanggan baik pelanggan prabayar dan pascabayar sangatlah penting. Terlebih untuk pelanggan prabayar tentu juga efektif dalam mendukung pendapatan perusahaan karena mayoritas (97 persen) dari keseluruhan pelanggan merupakan pelanggan prabayar.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa dari sisi pendapatan pada 2021, XL Axiata berhasil meningkatkan performa perusahaan dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp26,8 triliun, meningkat 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY) dan laba bersih sebesar Rp1,3 triliun.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Selasa (22/2/2022) yang merujuk pada laporan Corporate Presentation 2021, XL Axiata mengalami penurunan jumlah pelanggan prabayar sepanjang 2021 dibandingkan dengan 2020 kendati sudah habis-habisan dalam mendorong dan memperkenalkan produk mereka ke pasar.

Jumlah pelanggan prabayar XL Axiata pada 2020 tercatat sebanyak 56.740.000 pelanggan, sementara itu pada 2021 jumlahnya menjadi 56.590.000 pelanggan, atau berkurang 150.000 pelanggan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata internet excl
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top